Apex Legends Mobile, Game Battle Royale yang Paling Ditunggu

Apex Legends Mobile – Apex Legends adalah game bertemakan battle royale yang menjadi salah satu game populer di perangkat PC. Bahkan game yang dikembangkan oleh Respawn ini langsung mendobrak dominasi Fortnite dan PUBG selang beberapa hari setelah perilisannya.

Seolah tak ingin kalah, melihat dua pesaingnya hadir dalam versi mobile, Respawn Entertainment juga direncanakan akan merilis Apex Legends Mobile dalam waktu dekat.

Rencana ini sudah mulai menyeruak di awal tahun 2020, namun belum ada bocoran kapan tanggal pastinya. Tapi yang jelas, hadirnya Apex Legends di perangkat seluler disambut baik penggemar Apex Legends dari seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Seperti Apa Apex Legends Mobile?

apex legends mobile mobile
apex legends mobile mobile gameplay

Sejak rilis pada 4 Februari 2019 lalu, Apex Legends menjadi game dengan pertumbuhan pemain tercepat sepanjang masa. Dalam waktu singkat, game ini berhasil mencapai 50 juta pemain di 1 bulan pertamanya, bahkan 10 juta pemain dalam waktu 3 hari.

Mengingat jumlah pengguna smartphone yang terus mengalami peningkatan, tentunya Apex Legends Mobile memiliki peluang yang sama atau bahkan bisa lebih baik.

Namun sepertinya EA dan Respawn harus bekerja keras untuk membuat versi mobile agar terlihat tak jauh berbeda dari versi desktop-nya. Mengingat Apex Legends memiliki banyak tombol untuk menggunakan item dan juga skill.

Game multiplayer populer lainnya juga melakukan perubahan ketika hadir di perangkat seluler. PUBG Mobile dengan perubahan map dan tambahan fitur lain yang berbeda dari versi desktop. Selain itu ada Call of Duty: Mobile yang melakukan perubahan besar-besaran pada map, senjata, dan yang lainnya.

Selain itu, belum ada kepastian apakah versi mobile Apex Legends akan mengandalkan tombol menembak standar yang biasa digunakan pada smartphone. Atau mungkin saja akan meniru fitur bidikan otomatis pada pada Call of Duty: Mobile.

Menurut beberapa sumber terpercaya, Apex Legends akan rilis untuk perangkat mobile pada pertengahan tahun 2021 antara bulan April dan Juni, atau bisa lebih lama lagi. Jadi, bagi kamu yang masih menyimpan harapan untuk menikmati Apex Legends di smartphone, sebaiknya jangan terlalu berharap.

Apalagi belakangan banyak gamer dari Indonesia dan seluruh dunia yang terlalu antusias dengan hadirnya Apex Legends Mobile. Padahal pihak pengembang sendiri masih belum mengeluarkan pernyataan yang pasti apakah game ini benar-benar akan rilis di mobile.

Apex Legends Mobile, Pesaing PUBG Mobile?

apex legends mobile fitur
apex legends mobile fitur

Sebagian besar dari kita pasti bertanya-tanya, apakah Apex Legends Mobile dapat mengalahkan PUBG Mobile dari segi popularitas? Bisa iya, bisa juga tidak. Ini tergantung seperti apa developer mengembangkan versi mobile dari game yang cukup rumit dimainkan di desktop.

Jika Apex Legends ingin bersaing dengan PUBG untuk versi selulernya, setidaknya ada 6 hal yang harus diperhatikan agar pemain tetap bisa menikmati permainan.

1. Mendukung Refresh Rate 120Hz

Kita semua tahu kalau grafis yang ditampilkan Apex Legends versi PC sangat mengagumkan. Ini menjadi salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan oleh Respawn agar game ini dapat diterima oleh para gamer.

Untuk game mobile sendiri, hanya Fortnite yang mendukung refresh rate 120Hz, itupun hanya di iPad Pro. Dengan hadirnya smartphone canggih yang dibekali tampilan grafis tinggi, tentunya ini bisa jadi momentum yang bagus bagi Apex Legends untuk menyaingi PUBG Mobile.

2. Map Baru

Apex Legends memiliki map bernama Kings Canyon yang sangat luas. Namun sepertinya pihak developer harus memikirkan ulang untuk membuat map yang lebih kecil agar tidak banyak waktu yang terbuang untuk menyelesaikan satu permainan.

3. Mudah Di-download

Mungkin ini terlihat sederhana dan kurang penting. Namun, melihat apa yang terjadi dengan Fortnite Mobile yang kehadirannya dicekal di Google Play dan App Store, penggemar Apex tentunya ingin game favoritnya bisa diunduh dengan mudah.

4. Solo Mode di Apex Legends Mobile

Seperti yang kita tahu, Apex Legends versi PC hanya menyediakan mode team yang terdiri dari tiga orang. Ini tentunya perlu menjadi perhatian mengingat game battle royale di perangkat seluler hampir semuanya dapat memainkan solo mode.

Apalagi dengan segala ke-riyeuh-an Apex, koneksi rekan satu tim bisa jadi penentu kemenangan. Meskipun mabar dengan teman-teman dirasa sangat menyenangkan, namun jika salah satu mengalami lost connection tentunya menjadi petaka buat yang lainnya.

5. Support Joystick atau Gamepad

Apex Legends adalah game battle royale yang menghadirkan kemampuan tambahan berupa skill, berbeda dari PUBG yang pure tembak-tembakan. Untuk itu, agar game ini dapat bersaing dengan kompetitornya, gamepad atau joystick sangat diperlukan.

Sebenarnya kehadiran alat bantu untuk game battle royale mobile sangat diharamkan dengan alasan akan mengurangi keseimbangan permainan. Namun, tentunya semua berharap hal ini tidak berlaku untuk Apex Legends Mobile.

6. Spesifikasi yang Wajar

Sekedar informasi, di versi PC-nya Apex Legends memiliki ukuran 30GB. Dengan ukuran yang sangat besar, kita patut menunggu seperti apa gebrakan Respawn dan EA untuk Apex Legends versi seluler. Tentunya semua gamer berharap spesfikasinya tidak terlalu besar.

Jika ingin bersaing dengan PUBG, setidaknya ukuran aplikasi Apex Legends versi seluler harus di bawah 3GB atau minimal 2,5GB.

Download Apex Legends Mobile

Kesimpulan

Seperti game mobile pada umumnya, Apex Legends Mobile nantinya bisa diunduh secara gratis di App Store ataupun Google Play. Tetapi seperti yang disampaikan sebelumnya, belum ada konfirmasi kapan game ini akan dirilis.

Nah, mungkin cukup sekian informasi tentang Apex Legends Mobile yang bisa kamu ketahui beserta kemungkinan apakah Apex Legends dapat bersaing dengan PUBG yang saat ini tengah merajai game battle royale di Android dan iOS.

Leave a Comment