10 Aplikasi Baca Komik untuk Android Paling Lengkap 2021

Sebelum aplikasi mobile “menyerbu” Play Store, komik Manga, Manhua, maupun Manhwa hanya bisa dibaca di website dan komik cetak. Namun saat ini banyak aplikasi baca komik yang menyajikan komik dari ragam genre dengan koleksi yang sangat lengkap.

Sebagian besar komik yang tersaji di masing-masing aplikasi bisa dibaca secara gratis, bahkan tanpa sambungan internet. Tak hanya itu saja, untuk memudahkan pembaca, teks yang sebelumnya berbahasa Inggris atau Jepang juga sudah diganti dengan bahasa Indonesia.

Nah, bagi kamu yang membutuhkan referensi aplikasi baca komik terbaik untuk Android, berikut beberapa daftar yang bisa kamu coba.

Daftar Aplikasi Baca Komik Gratis

1. WeComics

aplika baca manga teks indo

Selain membaca di web, kamu juga bisa membaca komik di aplikasi baca komik gratis Android bernama WeComics. Aplikasi ini menyajikan ragam genre komik dengan dukungan gambar berkualitas yang nyaman dibaca sehingga tidak perih di mata.

Setiap harinya WeComics memberikan update terbaru dari komik yang paling diminati saat ini. Selain itu, WeComics juga dibekali fitur Offline Reading yang memungkinkan pengguna mengunduh dan membaca komik Manga, Manhwa, maupun Manhua tanpa koneksi internet.

2. MangaToon

MangaToon juga termasuk salah satu aplikasi baca komik terbaik yang wajib dicoba. Meskipun masih kalah dalam hal rating, namun aplikasi ini bisa jadi alternatif. Lagipula, MangaToon menghadirkan banyak genre komik yang selalu update setiap harinya.

Bukan hanya Manga saja, beberapa judul komik Korea atau Manhwa juga ada di sini. Kamu tinggal pilih komik yang ingin dibaca, baik online maupun offline. Berbekal interface yang sangat sederhana, pengguna bisa dengan mudah membaca setiap chapter komik favorit.

3. LINE Webtoon

Dengan jumlah rating dan ulasan paling banyak di Google Play, rasanya pantas jika LINE Webtoon dinobatkan sebagai aplikasi baca komik terbaru di Android. Selain ada Manga dan Manhwa, aplikasi ini juga menyediakan komik Indonesia seperti Pasutri Gaje dan Si Juki.

Dikembangkan oleh perusahaan Korea, Naver, tak heran kalau komik Manhwa lebih dominan di aplikasi ini. Adapun komik Manhwa paling populer di LINE Webtoon antara lain Noblesse, Tower of God, dan The Gamer.

4. Komiku

komiku aplikasi baca manhwa manhua terbaik

Boleh dibilang Komiku adalah salah satu aplikasi baca komik terlengkap di Android. Di aplikasi ini kamu bisa membaca ragam genre komik mulai dari komedi, romance, fantasi, hingga slice of life. Terlebih, aplikasi ini sepenuhnya gratis.

Jika kamu termasuk yang suka komik dari China, Komiku wajib di-download. Karena selain Manga dan Manhwa, aplikasi ini juga memiliki banyak koleksi komik Manhua yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Beberapa rekomendasi komik Manhua yang wajib kamu baca di Komiku: Tang Yin Zai Yi Jie, Iron Ladies, dan Apotheosis.

5. Manga Plus

Manga Plus adalah aplikasi baca Manga resmi terbaik yang dikembangkan oleh Shueisha Inc. My Hero Academia, Boruto, Tokyo Ghoul, hingga Demon Slayer adalah beberapa koleksi Manga populer yang ada di Manga Plus.

Karena termasuk aplikasi resmi, dengan menggunakan aplikasi ini kamu sudah mendukung pembuat komik untuk terus berkarya. Selain membaca, Manga Plus juga termasuk aplikasi nonton anime meskipun koleksinya masih sedikit.

Tapi sayangnya, Manga Plus belum menyediakan pilihan teks Indonesia, sehingga sebagian besar pembaca lebih memilih aplikasi lain.

6. Manga Geek

Sampai saat ini aplikasi Manga Geek memiliki lebih dari 40.000 koleksi judul komik mulai dari komik populer hingga komik yang baru rilis. Berbeda dari aplikasi lain, Manga Geek menghadirkan ragam fitur unggulan agar pembaca merasa nyaman.

Meskipun tidak tersedia teks Indonesia, namun aplikasi untuk baca komik offline ini cukup digemari karena ringan dan tampilannya yang simple. Namun sayangnya, karena bukan aplikasi resmi beberapa judul komik tidak tersedia di sebagian wilayah.

7. Manga ID

Manga ID adalah aplikasi baca komik terbaru yang bisa jadi pilihan jika ingin baca Manga, Manhwa, maupun Manhua. Meskipun tergolong aplikasi kemarin sore, namun Manga ID memiliki 1.000 lebih koleksi komik yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Aplikasi Manga ID dilengkapi dengan fitur pencarian, download, dan pengguna bisa memilih mode baca mau dipisah atau digabung. Kekurangan aplikasi ini hanya terlalu sering update sehingga membutuhkan kuota yang tidak sedikit.

8. WebComics

WebComics termasuk salah satu aplikasi baca komik paling update. Meskipun belum sepopuler Komiku, namun pengguna aplikasi ini cukup banyak. Uniknya, selain bisa membaca komik, kamu juga bisa chatting dengan pembaca lan dari berbagai negara.

Beberapa kelebihan WebComics adalah gambar yang disajikan beresolusi tinggi dan full colour khususnya komik Manhwa dan Manhua. Selain itu, ada 1.000 chapter baru yang dirilis setiap harinya. Dan kalau ingin hemat kuota, kamu juga bisa membaca komik offline di aplikasi ini.

9. BacaKomik

Meski tergolong baru, namun BacaKomik bisa jadi pilihan jika butuh aplikasi baca komik China bahasa indonesia. Yaps, aplikasi ini memiliki lebih dari 3.000 judul, termasuk komik Manhua yang bisa dibaca secara gratis tanpa perlu melakukan pembelian dalam aplikasi.

Selain Manhua, tentunya ada juga komik Manga dan komik Korea, Manhwa. Untuk memudahkan pembaca, BacaKomik juga sudah dilengkapi fitur-fitur standar aplikasi untuk baca komik seperti download, history, last read, dan favorit.

10. Tachiyomi

Berbeda dari sebelumnya, apk Tachiyomi tidak menyediakan komik melainkan web extention dari berbagai aplikasi baca komik terbaik. Meskipun begitu, Tachiyomi tetap bisa kamu andalkan untuk membaca ragam komik mulai dari Manga, Manhwa, dan Manhua.

Di samping itu, Tachiyomi memiliki koleksi komik yang terbilang lengkap dari genre populer yang diganderungi anak muda. Namun, untuk bisa menggunakan aplikasi ini kamu harus mengunduhnya di GitHub dari link yang tersedia di website Tachiyomi.

Kelebihan dan Kekurangan Manga, Manhwa, Manhua

Dari daftar aplikasi di atas, dapat disimpulkan kalau komik itu bukan hanya Manga Jepang saja, melainkan ada Manhwa dan Manhua. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan tersendiri yang membuat ketiganya berbeda.

Bagi yang belum tahu, Manhwa sendiri adalah komik Korea yang sebagian besar bercerita tentang percintaan dan thriller. Sementara Manhua merupakan komik China yang dikenal karena menonjolkan bela diri dan kisah percintaan yang menarik.

Kelebihan Manga:

  • Genre yang beragam dari komedi hingga petualangan
  • Banyak yang diadaptasi ke anime
  • Setiap episode memiliki cerita yang menarik

Kekurangan Manga:

  • Gambar hitam putih
  • Episode baru keluarnya lama
  • Konflik yang mudah ditebak

Kelebihan Manhwa:

  • Gambar karakter berwarna, lebih jelas dan cukup detail
  • Alur cerita yang sulit ditebak
  • Ada jeda di setiap cerita

Kekurangan Manhwa:

  • Genre hanya seputar romance dan thriller
  • Belum terlalu populer
  • Adaptasi komik ke anime masih sedikit

Kelebihan Manhua:

  • Komik bergambar sehingga lebih nyaman dibaca
  • Cerita komik yang lebih dramatis
  • Update-nya cepat

Kekurangan Manhua:

  • Komik terjemahan bahasa Indonesia masih sedikit
  • Judulnya kadang membingungkan
  • Setiap chapter sangat singkat

Jadi, sudah tahu kan apa saja kelebihan dan kekurangan Manga, Manhwa, dan Manhua? Mungkin masing-masing memiliki pendapat berbeda perihal jenis komik yang terbaik.

Tetapi apapun itu, generasi sekarang sangat terbantu dengan hadirnya ragam aplikasi untuk membaca komik secara gratis. Berbeda dari dulu yang harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli komik cetak di Gramedia.

Nah, itulah deretan aplikasi baca komik untuk Android yang bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin membaca Manga, Manhwa, maupun Manhua. Tak perlu khawatir dengan biaya, karena semua aplikasi tersebut bisa diunduh dan digunakan gratis.

2 thoughts on “10 Aplikasi Baca Komik untuk Android Paling Lengkap 2021”

Leave a Comment