8 Rekomendasi Aplikasi Converter Video PC Terbaik 2020

Aplikasi Converter Video PC – Apabila proyek video selesai diedit, sebelum diunggah ke suatu platform biasanya format video tersebut harus diubah sesuai format yang sudah ditentukan oleh platform. Nah, untuk mengubahnya dibutuhkan aplikasi atau software yang bernama converter.

Bagi orang-orang yang bekerja di bidang video editing, aplikasi converter bukanlah nama yang asing. Pasalnya keberadaannya sangat diperlukan bukan hanya untuk mengubah format video, namun bisa juga untuk mengubah ukuran dan durasi video.

Dengan berbagai fungsi yang cukup memudahkan proses editing, aplikasi converter video PC layak menjadi satu dari sekian banyak aplikasi yang terpasang di komputer atau laptop kamu.

Aplikasi Converter Video PC Terbaik

Aplikasi-aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan, jadi tak perlu khawatir dengan kapasitas ruang penyimpanan di laptop kamu. Berikut ini rekomendasi aplikasi converter video PC terbaik yang bisa diunduh secara gratis.

1. Freemake Video Converter

freemake convert video di pc gratis

Sebagai developer aplikasi converter video PC terbaik, Freemake selalu berusaha untuk menghadirkan software dan aplikasi yang powerfull dan mudah digunakan. Freemake Video Converter adalah contoh nyata yang bisa dinikmati oleh pengguna Windows maupun Linux secara gratis.

Freemake Video Converter tidak hanya dapat mengonversi file yang ada pada perangkat komputer saja, tetapi juga bisa digunakan untuk mengunduh dan mengonversi video dari Youtube menjadi MP3 atau format lainnya.

Aplikasi ini dibekali dengan interface sederhana, sehingga mudah digunakan untuk memotong bagian video, menambahkan subtitle, hingga mengonversi video dari kaset DVD ke WMV, MKV, 3GP, SWF, MOV, HD, maupun Fraps.

2. HandBrake Video Converter

aplikasi converter video untuk pc

Merupakan aplikasi multifungsi yang bisa memenuhi semua kebutuhan, HandBrake bisa kamu andalkan untuk mengedit, kompres, hingga mengonversi video. Karena termasuk software open source, kamu dapat menikmati semua layanan dan fitur HandBrake secara gratis.

Aplikasi ini cukup populer di kalangan pengguna Mac, Windows, dan Linux karena fiturnya yang lengkap serta mendukung sistem operasi 32 bit dan 64 bit. Selain itu, kamu dapat mengubah kaset DVD atau Blu-ray menjadi format video yang diinginkan.

3. Any Video Converter

any video converter ringan di pc

Any Video Converter atau AVC adalah aplikasi converter video PC yang disarankan jika kamu suka aplikasi atau software gratisan. Meskipun aplikasi atau software ini gratis, namun fitur yang tersedia cukup lengkap. AVC mendukung 17 format file seperti AVI, MP4, hingga MOV.

Selain bisa untuk convert video, aplikasi ini juga memiliki fungsi lain seperti Youtube Downloader, DVD Burner, dan Editor Video. Anvsoft Inc mengklaim, software buatannya sangat aman dan bisa memenuhi semua kebutuhan pengguna.

4. HD Video Converter Factory

hd video converter factory

Merupakan software atau aplikasi converter video PC gratis, HD Video Converter Factory bisa kamu andalkan untuk mengonversi video dengan kualitas HD. Didukung fitur-fitur unggulan, kamu bisa melakukan hal-hal yang berkaitan dengan video convert tanpa kesulitan.

Selain itu HD Video Converter Factory juga bisa digunakan untuk memotong, menambah efek, maupun mengedit video sebelum dikonversi menjadi format yang diinginkan.

5. Format Factory

convert video pc

Format Factory adalah pilihan yang tepat jika kamu mencari aplikasi yang bisa digunakan untuk mengonversi video, audio, dan foto. Aplikasi ini mendukung banyak format di antaranya MP4, FLV, hingga WMA. Namun sayangnya Format Factory belum mendukung convert ekstensi MKV.

Meskipun begitu, Format Factory bisa kamu unduh secara gratis dengan ukuran file yang tidak terlalu besar. Sangat cocok bagi kamu yang menginginkan aplikasi convert video PC ringan. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux, dan Mac.

6. MediaCoder

mediacoder gratis terbaik

MediaCoder bisa kamu andalkan untuk mengonversi video menjadi format baru yang diinginkan. Aplikasi atau software yang dikembangkan oleh Stanley Huang ini diklaim lebih cepat dibandingkan aplikasi lain dalam hal mengubah format video atau audio.

MediaCoder mendukung semua ekstensi seperti WMV/ASF, AVI, MKV, Real Media, dan lain sebagainya.

Adapun fitur serta kelebihan MediaCoder selain convert video/audio adalah fitur multi-thread untuk membagi lembar kerja jadi beberapa tingkatan, ripping audio/video, extract file audio dari file video, hingga memperbaiki file yang rusak.

7. Prism Video Converter

prism

Masuk jajaran aplikasi converter video PC ringan, Prism Video Converter menghadirkan fitur multi-format paling stabil dengan interface sederhana yang sangat mudah digunakan. Selain ringan, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis untuk penggunaan non-komersial.

Fitur yang terdapat pada Prism Video Converter antara lain menambah efek pada video, mengubah format DVD dengan mudah, memotong atau memisahkan video menjadi beberapa bagian, dan meninjau video untuk memeriksa hasil editan, efek, dan pengaturan.

8. XMedia Recode

xmedia recode

XMedia Recode merupakan software yang dikembangkan oleh Sebastian Dorfler dengan fungsi sebagai transcoding video maupun audio untuk sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. Kelebihan software ini adalah bisa mengimpor dan mengekspor banyak jenis file.

Jangan khawatir kalau spesifikasi komputer kamu rendah, karena XMedia Recode tersedia untuk prosesor 64 bit dan 32 bit dengan ukuran file kurang dari 30MB. Meskipun begitu, fitur yang ditawarkan cukup lengkap untuk sekelas aplikasi gratisan.

Selain memilih format video yang ingin diubah, kamu juga bisa mengatur kompresi dan pengodean file-nya. Sama halnya dengan aplikasi convert video lainnya, XMedia Recode memungkinkan kamu untuk mengubah file DVD menjadi format lain secara langsung.

Itulah deretan software atau aplikasi converter video PC terbaik yang wajib kamu coba! Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi kamu yang bekerja sebagai video editor, content creator, ataupun Youtuber. Selamat mencoba!

Leave a Comment