10 Aplikasi GIS (Geographic Information System) Terbaik 2020

Semua sepakat bahwa teknologi memberikan banyak dampak positif bagi semua sektor kehidupan, tak terkecuali sektor geografis. Contohnya aplikasi GIS atau Geographic Information System yang memudahkan pemerintah atau perusahaan dalam pemetaan suatu wilayah.

Di samping itu, aplikasi yang juga dikenal dengan Sistem Informasi Geografis ini memiliki fungsi untuk pendataan pajak bumi dan bangunan, pengembangan jaringan transportasi, pemekaran wilayah, serta mengetahui luas lahan pertanian.

Nah, jika Anda sedang mengerjakan sebuah proyek yang berhubungan dengan pemetaan geografis, mungkin rekomendasi aplikasi GIS berikut bisa bermanfaat.

Daftar Aplikasi GIS Terbaik

Selain tersedia untuk perangkat Android, ada juga aplikasi GIS berbasis web yang tentunya lebih efektif untuk memetakan wilayah yang sangat luas. Perlu diketahui, setiap aplikasi memiliki fitur yang berbeda, pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan.

1. QField

qfield gis

Sebagai aplikasi GIS Android, QField berfokus untuk membantu penggunanya menyelesaikan pekerjaan yang berkaitan dengan geografis secara efisien. Aplikasi yang dikembangkan oleh OPENGIS.ch ini memiliki desain simple yang dipadukan dengan teknologi canggih.

Aplikasi QField memungkinkan penggunanya untuk mengatur peta wilayah dengan mudah dan nyaman. Salah satu kelebihan QField adalah dukungan berbagai format seperti vektor dan raster. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jaringan internet dan kabel USB untuk akses jarak jauh.

Nama AplikasiQField for QGIS
PlatformAndroid
Ukuran57 MB
Link DownloadPlaystore
Informasi QField

2. ArcGIS Pro

arcgis pro

ArcGIS Pro adalah aplikasi GIS berbasis desktop yang bersifat proprietary. Dikembangkan oleh Esri, ArcGIS termasuk paling populer di antara aplikasi serupa. Tentu saja karena aplikasi ini memiliki banyak kelebihan yang memudahkan proses pemetaan.

Selain itu, ArcGIS Pro bisa juga digunakan untuk menganalisa data, memvisualisasi data hingga menjelajahi suatu wilayah. Dengan ragam fitur unggulan yang dimiliki, Anda harus membeli lisensi untuk bisa menggunakannya.

Official Website: https://www.esri.com/en-id/store/arcgis-pro

3. GeoMedia Hexagon

aplikasi gis geomedia

GeoMedia adalah contoh aplikasi SIG yang menggabungkan geografis dan data grafis sehingga memunculkan informasi yang bisa digunakan untuk proses pemetaan lebih lanjut. Sama seperti ArcGIS, GeoMedia adalah aplikasi berbayar.

Salah satu kelebihan GeoMedia yang bisa Anda pertimbangkan adalah adanya fitur snapping digitasi yang memudahkan pengguna dalam mengolah data. Selain itu, ada juga fitur-fitur yang tak kalah fungsional-nya seperti topologi, pengolahan raster, dan LiDAR (Light Detection and Ranging).

Official Website: https://www.hexagongeospatial.com/products/power-portfolio/geomedia

4. QGIS (Quantum GIS)

Berbeda dari yang sebelumnya, QGIS termasuk aplikasi GIS gratis yang bisa Anda gunakan secara bebas. Aplikasi ini dilengkapi banyak plugins untuk memudahkan proses analisa suatu wilayah. Salah satunya OpenStreetMap yang berguna untuk pembuatan peta di wilayah yang belum terjangkau.

Dengan begitu, Anda bisa membuat model dinamis pada lokasi yang diinginkan. QGIS banyak digunakan oleh perusahaan karena alur kerjanya sangat mudah sehingga data dapat diproses dalam hitungan menit.

QGIS dibuat dengan bahasa pemograman C++ dan Phyton, sehingga kemampuannya tak perlu diragukan lagi. Termasuk aplikasi open source, QGIS dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti PostGIS, MapServer, dan Grass GIS.

Official Website: https://qgis.org/id/site/forusers/download.html

5. FME (Feature Manipulation Engine)

Salah satu aplikasi GIS terbaik yang tak boleh Anda lewatkan adalah FME. Banyak pengguna yang mengatakan kalau FME lebih powerfull karena didukung dengan server yang baik. Selain itu, aplikasi yang dibuat oleh Safe Software ini mendukung lebih dari 300 format file.

FME mampu membuat pemetaan geografis maupun geologi dengan sangat baik. Spesialnya, Anda bisa memetakan suatu wilayah dengan tampilan mirip MapQuest atau Google Earth.

Adapun fitur utama dari FME adalah mendistribusi data ke banyak pengguna, migrasi data spasial di banyak situs, mengkonsolidasi data dari berbagai sumber, dan transfer data dari situs web ataupun ke platform lain.

Official Website: https://www.safe.com/fme/

6. SW Maps

sw maps aplikasi gis

Sama halnya dengan QField, SW Maps adalah salah satu aplikasi pemetaan terbaik di Android. SW Maps mampu mengumpulkan informasi geografis secara akurat karena mengandalkan online maps seperti Open Street Map dan Google Maps.

Aplikasi ini dibekali shapefile layers yang mendukung semua sistem koordinat. Selain itu Anda juga bisa menentukan sendiri titik, garis, dan poligon. Bahkan memilih jenis atribut mulai dari teks, foto, audio, hingga video.

Tak ketinggalan, SW Maps memiliki fitur sharing, dimana pengguna bisa berbagi template proyek dengan pengguna lain.

Nama AplikasiSW Maps
PlatformAndroid
Ukuran4,1 MB
Link DownloadPlaystore
Informasi SW Maps

7. Mappt

mappt

Sebagai aplikasi sistem informasi geografis di Android, Mappt mudah digunakan dan sangat powerful dalam mengumpulkan data geografis di suatu wilayah. Aplikasi ini menjadi andalan di lebih dari 130 negara untuk menata kawasan industri, pertanian, maupun pertambangan.

Selain dibekali interface yang sederhana, Mappt dapat terintegrasi dengan aplikasi GIS pada desktop seperti QGIS dan ArcGIS. Beberapa fitur Mappt yang dapat Anda nikmati adalah tracking GPS tanpa koneksi, tools untuk menambahkan gambar, teks, dan membuat shape di atas data.

Nama AplikasiMappt: GIS Data Collection
PlatformAndroid
Ukuran53 MB
Link DownloadPlaystore
Informasi Mappt: GIS Data Collection

8. TNTmips

tntmips

Meskipun termasuk berbayar dan harganya cukup mahal, namun TNTmips memiliki fitur yang jauh lebih baik dari software lainnya, khususnya pada fitur remote sensing. Dimana pengguna bisa mendapatkan data suatu objek dari jarak jauh.

TNTmips mengandalkan fitur yang sangat powerful untuk membuat dan mengedit data geospatial. Selain itu sofware GIS berbasis web ini bisa menghasilkan ribuan titik koordinat dengan menggunakan gambar referensi pada area yang sama.

Official Website: https://www.microimages.com/products/tntmips.htm

9. Locus GIS

locus gis

Sebagai pengembang, Asamm Software membekali ragam fitur pada Locus GIS untuk memudahkan dalam mengumpulkan data lingkungan, perencanaan kehutanan, pertanian, distribusi gas dan energi, serta survei fasilitas perkotaan.

Aplikasi ini dibekali fitur untuk mengimpor atau mengekspor seluruh project ke QGIS dalam fiile ESRI SHP atau CSV. Selain itu Locus GIS juga dilengkapi beragam peta, baik yang online maupun offline.

Tak salah kalau Locus GIS dinobatkan sebagai aplikasi GIS terbaik di Android. Dengan fungsi aplikasi yang berlimpah, Anda tak perlu lagi menggunakan cara-cara manual. Apalagi di dalam aplikasi tersedia panduan yang sangat lengkap, sehingga siapa saja bisa menggunakan aplikasi ini.

Nama AplikasiLocus GIS – offline geodata collecting, SHP edits
PlatformAndroid
Ukuran19 MB
Link DownloadPlaystore
Informasi Locus GIS

10. Mapit GIS – GPS Map Surveys & Measurements

mapit gis

Mapit GIS melengkapi daftar aplikasi untuk pemetaan di hp. Anda bisa download aplikasi GIS ini di Google Play dengan ukuran 14MB. Meskipun jumlah unduhan masih sedikit, namun review-nya cukup baik untuk sekelas aplikasi yang jarang diketahui masyarakat luas.

Mapit GIS sangat cocok digunakan oleh surveyor pertanahan maupun orang-orang yang bekerja dengan data lingkungan geografis. Aplikasi ini diklaim mampu mengumpulkan data dengan proses yang sangat efisien.

Selain pemetaan, Mapit GIS juga bisa diandalkan untuk mengukur atau menghitung jarak satu area ke area lain. Sistem koordinat yang didukung antara lain Web Mercator, UTM NAD83, NATO, hingga WGS84.

Nama AplikasiMapit GIS – GPS Map Surveys & Measurements
PlatformAndroid
Ukuran13 MB
Link DownloadPlaystore
Informasi Mapit GIS

Kesimpulan

Bila Anda bekerja di bidang geospatial, memilih aplikasi GIS terbaik sangatlah penting. Selain memudahkan proses pemetaan, Anda juga bisa menghemat waktu berbekal interface sederhana dan adanya fitur-fitur yang powerful.

Sebagai tambahan, setiap aplikasi atau software yang tertera di atas memiliki tampilan dan fitur berbeda. Anda bisa menentukan sendiri mana yang paling nyaman digunakan.

Leave a Comment