8 Rekomendasi Aplikasi Kompres Video PC Terbaik 2020

Aplikasi Kompres Video PC – Bagi orang-orang yang menggeluti bidang content creator, kualitas konten tentunya harus dijaga agar audiens tetap merasa nyaman. Terlebih untuk konten video yang berhubungan dengan visual. Tetapi saat membuat video, ukuran file terkadang melebihi batas memori penyimpanan.

Jika dihadapkan dengan situasi seperti ini, tak sedikit orang yang memotong bagian-bagian penting di videonya agar sesuai dengan kapasitas memori di laptop atau PC.

Padahal sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi ukuran file video, yakni dengan menggunakan aplikasi kompres video PC tanpa mengurangi kualitas video itu sendiri. Selain itu, sebagian besar aplikasi tersebut memiliki ukuran yang ringan sehingga tidak membebani memori.

Daftar Aplikasi Kompres Video PC

Banyak content creator yang merasakan manfaat aplikasi kompres video. Agar kamu juga merasakan manfaatnya, berikut rekomendasi aplikasi kompres video PC gratis yang bisa kamu coba untuk mengubah ukuran file video menjadi lebih kecil.

1. Avidemux

aplikasi kompres video pc

Avidemux merupakan aplikasi atau software yang dapat mempermudah dalam mengerjakan video project. Jadi bukan hanya meng-kompres video saja, Avidemux juga bisa digunakan untuk mengedit video, mengubah format video, serta memotong bagian video yang tak diinginkan.

Sebagai tambahan, aplikasi ini mendukung banyak format video mulai dari TS, MP4, AVI, sampai dengan MPG/MPEG.

Untuk penggunaannya, kamu hanya perlu memilih video yang ingin dikecilkan ukurannya, kemudian pilih opsi-opsi yang tersedia seperti frame, codec, bit rate, dan lainnya. Avidemux dapat digunakan di semua sistem operasi PC atau laptop, seperti Windows maupun Mac.

2. VideoSmaller

aplikasi kompres video pc ringan

VideoSmaller memang bukan termasuk aplikasi, lebih ke situs online untuk mengurangi ukuran file video. Namun fungsinya tetap sama dengan aplikasi kompres video PC terbaik, bahkan boleh dibilang lebih simple karena kamu hanya perlu mengunggah video yang ingin di-resize ukurannya.

Berbagai layanan yang disediakan VideoSmaller memungkinkan kamu untuk mengurangi ukuran file tanpa mempengaruhi kualitas video. Adapun format yang didukung adalah MOV, MP4, MPEG, dan AVI.

Selain itu kamu tak perlu khawatir dengan keamanan situs ini, sebab video yang di-upload akan terhapus secara otomatis setelah beberapa jam.

3. Windows Movie Maker

Di daftar selanjutnya ada Windows Movie Maker yang termasuk aplikasi kompres video PC ringan karena ukurannya tidak lebih dari 13MB. Selain itu, software yang dikembangkan oleh Microsoft ini juga memiliki tampilan yang simple sehingga mudah dioperasikan bagi pemula.

Bahkan fitur-fitur yang tersedia di Windows Movie Maker juga cukup lengkap. Bukan hanya bisa untuk mengurangi ukuran file, aplikasi ini juga bisa menambahkan musik, text, transisi video, serta filter dan efek menarik.

4. HandBrake

handbrake

Aplikasi ini tergolong dalam aplikasi open source yang tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac. Melalui HandBrake, kamu bisa mengubah ukuran file video menjadi lebih kecil tanpa mempengaruhi kualitas dari videonya.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengunduhnya secara gratis di situs resmi HandBrake.

Meski termasuk aplikasi kompres video PC gratis, fitur-fitur yang ada pada HandBrake cukup lengkap. Selain compress video, kamu juga bisa mengatur frame rate, kualitas video, hingga jenis encoder sesuai keinginan.

5. Advanced Video Compressor

Rekomendasi lainnya ada Advanced Video Compressor. Kualitas yang ditawarkan cukup mendukung pekerjaan yang berkaitan dengan video editing. Dengan ukuran 10.2 MB, aplikasi yang dikembangkan oleh WinSoftMagic Inc ini cocok dipasang di perangkat spesifikasi rendah.

Tak hanya itu saja aplikasi ini juga mendukung semua jenis format video mulai dari MP4, FLV, AVI, MOV, dan lain-lain. Bukan hanya memiliki fitur yang beragam, Advanced Video Compressor diklaim aman sehingga kamu tidak perlu khawatir saat mengunduhnya.

6. VideoPad – Video Editor

videopad editor

VideoPad adalah aplikasi kompres video PC terbaru 2020 yang dirilis pada 23 Juni 2020. Meski belum lama dirilis, aplikasi yang dikembangkan oleh NCH Software ini memiliki kemampuan yang sama baiknya jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis.

Pada dasarnya VideoPad adalah software edit video, namun terdapat fitur kompres yang bisa dioperasikan dengan mudah karena dibekali interface yang sederhana.

Selain itu ada juga fitur visual effects, transisi, audio tools, export video ke file atau disc, dan yang paling menarik aplikasi ini mendukung semua format video yang paling populer saat ini. Sangat cocok untuk kamu yang memiliki kanal Youtube.

7. VidCoder

Sama seperti HandBrake, Vidcoder juga merupakan aplikasi kompres video PC open source. Bahkan VidCoder menggunakan HandBrake sebagai mesin encoding-nya. Jika tertarik dengan software ini, kamu bisa mengunduhnya di website resmi mereka vidcoder.net.

Berbeda dengan aplikasi lain, VidCoder tersedia dalam bahasa Indonesia sehingga memudahkan bagi pengguna yang kurang paham dengan bahasa Inggris.

Saat membuka aplikasi ini, kamu akan dihadapkan dengan menu-menu yang mendukung bukan hanya untuk mengecilkan ukuran file saja, namun juga untuk meningkatkan kualitas video. Fitur menarik pada aplikasi ini adalah bisa mengkompres banyak video dalam satu waktu.

8. Wondershare Video Converter

wondershare

Wondershare Video Converter termasuk jajaran aplikasi kompres video PC terbaik yang wajib kamu coba untuk mengecilkan ukuran video. Selain itu aplikasi ini juga bisa mengonversi file menjadi format yang diinginkan.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mengubah video menjadi format Virtual Reality 360 serta mengatur video agar sesuai dengan format DVD. Tentu saja dengan kelebihan ini, Wondershare Video Converter termasuk aplikasi paling populer.

Kesimpulan

Dengan demikian, adanya aplikasi compress tersebut sangat membantu untuk menghemat media penyimpanan pada laptop atau PC. Bahkan kita tidak perlu lagi memotong bagian video jika ukuran file-nya terlalu besar.

Rekomendasi aplikasi kompres video PC ini sudah terbukti berkualitas dan aman digunakan pada semua perangkat PC maupun laptop. Jika kamu ingin mengedit atau mengecilkan ukuran file video, pilih saja salah satu dari 8 rekomendasi di atas. Selamat mencoba!

1 thought on “8 Rekomendasi Aplikasi Kompres Video PC Terbaik 2020”

Leave a Comment