Tips dan Cara Memilih HP Bekas yang Perlu Anda Ketahui

Membeli HP tidak harus baru. Selama masih bisa digunakan dan sesuai dengan yang Anda butuhkan, tidak ada salahnya membeli HP bekas. Namun, karena smartphone bekas sudah digunakan oleh pengguna sebelumnya, ada baiknya mengikuti cara memilih HP bekas yang benar.

Dengan mengetahui cara memilih HP bekas yang bagus, tentu saja dapat meminimalisir terjadinya kesalahan saat membeli HP bekas. Hal ini dikarenakan kita sudah tau kriteria-kriteria HP bekas yang bagus dan cocok untuk kebutuhan kita.

Beberapa Keuntungan Membeli HP Bekas

Meskipun bekas, bukan berarti tidak bagus. Faktanya, banyak HP bekas yang dijual dengan harga terjangkau dan masih berfungsi dengan baik sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Berikut ini beberapa keuntungan membeli smartphone bekas yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Harga Lebih Murah dan Terjangkau

Membeli HP baru mungkin akan memberikan kepuasan tersendiri dibandingkan dengan HP bekas yang notabene sudah digunakan oleh pengguna lain sebelumnya. Membeli HP bekas lebih menguntungkan dari segi harga karena bisa jauh lebih murah dibandingkan harga HP baru.

Selisih harga antara HP bekas dan HP baru bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun, setidaknya Anda bisa mendapatkan harga yang relatif terjangkau dengan spesifikasi dan kegunaan yang sama. Akan lebih menguntungkan jika bisa mendapatkan HP bekas yang masih bergaransi.

2. Bisa Dijual Kembali dengan Harga Jual Tidak Jatuh

HP bekas pun masih bisa Anda jual kembali di pasaran jika memang diperlukan baik karena sudah bosan dan ingin ganti HP baru atau memang membutuhkan HP dengan spesifikasi yang lebih. Beruntungnya membeli HP bekas, harga jual kembalinya tidak akan jatuh terlalu jauh.

Berbeda dengan HP baru yang justru memiliki resiko harga jual kembali yang pasti jatuh dan terkadang selisihnya sangat jauh. Kerugian saat menjual kembali HP bekas bakal lebih minim selama kondisi HP masih bagus dan bisa berfungsi dengan baik.

3. Bisa Berpeluang Mendapatkan Keuntungan Saat Dijual Kembali

HP bekas memang selalu dijual dengan harga di bawah pasaran harga HP yang masih baru. Jika Anda bisa melihat peluang, ketika ada yang menjual HP second dengan harga di bawah harga normal untuk HP bekas, maka bisa dibeli untuk nantinya dijual kembali.

Anda tinggal memoles HP tersebut agar terlihat seperti baru dan menjualnya dengan harga normal seperti harga HP bekas lainnya dengan tipe dan merek yang sama. Di sini, selisih harga jual dan harga beli HP bekas bisa menjadi keuntungan atau profit.

4. Tidak Merasa Sayang Saat Ingin Mengganti Jika Sudah Bosan

Buat Anda yang tipe orangnya mudah bosan, maka membeli HP bekas bakal lebih cocok. Membeli HP baru bisa menimbulkan perasaan yang berbeda saat unboxing dan mencoba setiap fitur yang ada. Namun, ketika sudah merasa bosan tentu akan merasa sayang jika dijual begitu saja.

Sedangkan ketika membeli HP bekas karena harga belinya jauh lebih murah, Anda akan lebih mudah melepaskan ponsel tersebut ketika sudah bosan dan menggantinya dengan HP merek lain. Ini juga bisa menjadi hal menyenangkan ketika bisa gonta-ganti HP dalam selang waktu yang tidak lama.

5. Mendapatkan Banyak Bonus

Berhubung HP bekas sudah digunakan oleh orang lain, biasanya mereka akan menjual HP tersebut dengan aksesoris tambahan sekalian. Aksesoris tambahan tersebut bisa berupa casing, screen protector, headset, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu lagi membeli aksesoris untuk HP tersebut.

6. Mengurangi Sampah Elektronik

Bayangkan jika HP bekas yang sebelumnya dimiliki orang lain dibuang begitu saja karena tidak ada yang membeli, tentu hal tersebut akan menambah jumlah sampah elektroniks ecara signifikan. Apalagi bagi pengguna HP yang senang bergonta-ganti smartphone baru.

Dengan membeli HP bekas, artinya Anda membantu mengurangi sampah elektronik karena turut memperpanjang masa pakai perangkat tersebut. Setidaknya ada jeda waktu sebelum HP tersebut benar-benar menjadi sampah elektronik karena tidak bisa digunakan lagi.

Beberapa Cara Memilih HP Bekas

Sama halnya seperti memeli HP bekas, membeli HP baru pun perlu memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal. Apalagi smartphone tersebut bekas orang lain. Tentu akan timbul kekhawatiran tersendiri. Berikut ini tips dan cara memilih HP bekas yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Mengecek Harga di Pasaran Terlebih Dahulu

Sangat penting untuk mencari tahu informasi secara detail terkait spesifikasi dan harga dari HP bekas yang akan dibeli. Informasi tersebut bisa menjadi panduan sekaligus acuan saat akan mendatangi counter tempat membeli HP.

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan apa-apa terkait HP yang akan dibeli, maka mudah saja bagi orang counter untuk menipu dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dari pasaran. Setidaknya Anda bisa memiliki alibi menawar jika mendapati harga yang ditawarkan oleh penjual terlalu tinggi.

2. Perhatikan Counter Tempat Membeli HP

Jangan hanya terkecoh dengan toko HP bekas yang besar, namun perhatikan bagaimana kondisi di dalam toko tersebut. Apakah penjual menata HP bekas yang dijualnya dengan rapi atau tidak. Disarankan untuk membeli HP bekas di counter yang rapi.

Hal ini dikarenakan jika kondisinya tidak rapi maka patut dicurigai karena bisa saja mereka menjual HP bekas dengan kondisi yang rusak berat. Tak jarang ada juga counter yang menampung barang curian tanpa ada kelengkapan seperti dus box, charger, dan lainnya.

3. Konsultasi dengan Penjual

Saat sudah menemukan toko yang tepat, Anda bisa mulai bertanya-tanya kepada penjual terkait produk HP bekas yang dijualnya. Agar lebih jelas dan menghindari penipuan, tanyakan tentang mengapa HP tersebut dijual bekas. Jika karena ada kerusakan, maka hindari untuk membelinya.

Meskipun sudah diperbaiki, jika ada komponen dari HP tersebut yang rusak, maka kemungkinan eror bisa muncul kembali sewaktu-waktu. Untuk mengantisipasi hal tersebut, tak perlu sungkan untuk menanyakan kepada penjual kenapa HP tersebut dijual oleh pemiliknya.

4. Cek Kondisi HP

Jika sudah menemukan HP yang benar-benar cocok, maka jangan lupa untuk mengecek kondisi fisik HP bekas tersebut apakah masih bagus atau tidak. Perhatikan apakah ada goresan di bagian body, apakah baterainya awet, dan hal-hal yang berkaitan dengan fisik HP lainnya.

Selain kondisi fisik, penting juga untuk mengecek fitur yang ada di HP tersebut mulai dari fitur dan aplikasi yang ada di dalamnya. Seperti Bluetooth, kamera, Wi-Fi, dan lain sebagainya. Cek apakah fitur-fitur utama pada smartphone tersebut masih bisa digunakan atau tidak.

5. Cek Kelengkapan HP

Sebisa mungkin usahakan untuk membeli HP bekas yang masih ada dus box-nya dan cocokkan kode pada HP dengan dus box apakah sama atau tidak. Hal ini untuk menghindari membeli HP curian. Selain itu, penting untuk mengecek kelengkapan lainnya seperti manual book, headset, atau charger.

Membeli HP bekas memang riskan karena notabene perangkat tersebut sudah pernah digunakan oleh orang lain. Wajar jika timbul kekhawatiran bahwa HP tersebut dijual karena ada komponen yang sudah rusak. Untuk menghindari kerugian, ikuti cara memilih HP bekas tersebut di atas.

Info HP Bekas dari Teknob

Daftar HP Bekas Samsung

Leave a Comment