Cara Mengedit 2 Video Menjadi 1 Frame di Android dan PC

Cara Mengedit 2 Video Menjadi 1 Frame di Android dan PC sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, apalagi di jaman sekarang ini sudah banyak Smarthphone canggih yang support aplikasi foto dan video satu frame. Menggabungkan video dalam satu frame belakangan ini memang menjadi sangat hits, banyak orang yang memposting hasil editan video-video keren mereka ke sosial media.

Melihat video keren yang mereka buat, kamu pasti juga inginkan membuat video keren seperti itu ? Lalu bagaimana cara menggabungkan video dalam satu frame ?

Cara mengedit dua video menjadi 1 frame atau bisa disebut split screen dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi edit video seperti Kinemaster, Filmora, Movie Maker, dan aplikasi video editor lainnya. Cara membuat frame dengan aplikasi yang saya sebutkan tadi sangatlah mudah, langsung saja simak tutorialnya di bawah.

Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar di Android

Untuk cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di hp kamu dapat menggunakan aplikasi edit video android Kinemaster, dan Viva Video. Mengedit video akan menjadi lebih mudah jika kamu menggunakan kedua aplikasi itu.

Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar Kinemaster

Sebelum mulai mengedit video tentunya kamu harus mendownload terlebih dahulu Aplikasi KineMaster. Jika sudah silahkan ikuti langkah-langkah cara menggabungkan 2 video menjadi 1 di kinemaster berikut ini.

1. Buka Kinemaster dan Tambahkan Backgroud

Buka KineMaster lalu tekan media, lalu tambahkan layer dasar. Untuk layer dasar (Background) ini kalian bebas ingin menambahkan gambar apa. Disini saya menggunakan background kuning.

2. Pilih Media dan Video Pertama yang Ingin di Gabungkan

Geser layer kekiri lalu pilih Layer lagi, setelah itu pilih Media dan tambahkan video pertama yang sudah kamu siapkan di Layer pertama. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat petunjuk gambar di bawah ini.

cara menggabungkan dua video di kinemaster
Menu Layer dan Media

3. Buka Menu Split Screen

Jika sudah di tambahkan atur ukuran dan posisi video kamu agar lebih bagus. Agar lebih mudah kita pakai cara instan saja, tekan sekali video pertamamu tadi lalu pilih menu Split Screen.

cara menggabungkan 2 video di kinemaster
Menu Split Screen

4. Pilih Split Screen

Dimenu Split Screen kamu dapat memilih posisi video sesuai keinginanmu, ingin menggabung 2 video menjadi 1 dengan tampilan Landscape atau Potrait. Disini saya pilih tampilan potrait, pilih Split Screen bagian kanan bawah.

cara menggabungkan 2 video dalam 1 frame di android
Tampilan Menu Split Screen

5. Tambahkan Video Kedua

Jika sudah selesai mengatur posisi video pertama, silahkan tambahkan video kedua kamu ikuti langkah-langkah diatas jika kamu lupa caranya. Nah bedanya, dibagian Split Screen kamu pilih yang bagian kiri bawah.

cara menggabungkan 2 video menjadi 1 frame di android
Tampilan 2 video di dalam 1 layar

6. Edit Video Sesuai dengan Keinginanmu

Nah sekarang menggabungkan video dalam satu frame sudah selesai, jika kamu rasa posisi video kurang pas silahkan geser video kekiri atau kekanan. Selanjutnya tinggal edit-edit sedikit seperti menambah Text, Musik, Gambar, dan lainnya.

7. Ekspor Video dan Selesai

Untuk menyimpan video yang sudah kamu edit silahkan pilih gambar bagikan, lalu pilih ekspor. Pilih resolusi dan bit video yang kalian inginkan. Setelah itu tinggal menunggu proses encoding selesai.

Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Frame dengan Viva Video

Jika kamu belum memiliki Aplikasi Viva Video, silahkan download aplikasinya terlebih dahulu. Kamu dapat mendownlaodnya di Play Store atau di web lain. Berikut cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di viva video.

1. Buka Viva Video

Setelah sudah diinstal langsung saja buka aplikasi Viva Videonya.

cara edit 2 video jadi satu frame android
Tampilan menu Viva Video

2. Pilih Collage (Kolase)

Setelah membuka aplikasi Viva Video cari menu Collage atau Kolase seperti yang ada pada gambar dibawah ini.

cara menggabungkan 2 video dalam 1 layar di android
Menu Kolase (Collage)

3. Tambahkan Video yang Ingin di Gabungkan

Setelah mengklik kolase nanti akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Klik tanda tambah dan masukan video 1 dan video 2 yang kamu inginkan.

cara menggabungkan video dalam satu frame
Tampilan Kolase

4. Edit-Edit Sedikit dan Selesai

Sekarang kamu sudah sukses menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di Viva Video. Selanjutnya kamu hanya perlu edit-edit sedikit, menyesuaikan video, mengedit sound, ataupun menambahkan text kedalam video.

Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar Vn Video Editor

Aplikasi Android yang dapat menyatukan 2 video menjadi 1 selanjutnya adalah VN Video Editor. Berikut cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di vn.

  1. Buka VN video editor tekan tanda + (Plus) untuk membuat project baru
  2. Pilih new project dan masukan video 1 yang ingin digabungkan
  3. Atur bingkai sesuai keinginanmu lalu buka menu Background setelah itu tekan icon maximize.
  4. Atur posisi video 1 kamu ke sebelah kanan, jika sudah pas lalu tekan layer dan pilih Tap to add sticker
  5. Tekan menu insert dan pilih Video / Foto, setelah itu tambahkan video 2 kamu yang ingin di buat 1 layer.
  6. Tunggu proses penggabungan, atur posisi video 2 agar terlihat lebih bagus.
  7. Setelah selesai mengedit, simpan video melalui menu ekspor.

Itulah 3 cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di Android yang bisa kamu coba. Kamu juga bisa menggunakan tutorial diatas untuk cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di iphone. Tinggal download aplikasu KineMaster lalu ikuti langkah-langkah diatas.

Lalu jika kamu menggunakan PC atau Laptop bagaimana cara mengedit videonya ? Tenang saja, saya juga sudah menyediakan tutorialnya di bawah ini.

Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar di Laptop atau PC

Setelah membahas bagaimana mengedit 2 video menjadi 1 layar di Android, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara menggabungkan dua video di Laptop / Pc. Untuk menggabungkan 2 video di pc kamu dapat menggunakan beberapa aplikasi edit video PC seperti dibawah ini.

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk menggabungkan 2 video menjadi 1 frame adalah Adobe Premiere Pro, dengan fiturnya yang komplit kamu akan lebih mudah mengedit video sesuai keinginanmu.

Lalu yang kedua ada aplikasi edit video Filmora, nah disini Saya hanya akan membagikan tutorial untuk Filmora saja, karena kebetulan Saya memiliki aplikasinya di laptop ini. Untuk tutorial yang Adobe Premiere kamu bisa cek di YouTube atau di web lain. Berikut cara edit video di aplikasi Filmora.

Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar Filmora

Kamu bisa mengedit 2 video menjadi 1 layar dengan menggunakan aplikasi edit video PC Filmora. Jika kamu belum memiliki software edit video ini, Silahkan kamu download Filmora terlebih dahulu.

Kalau kamu sudah memilikinya silahkan ikuti langkah-langkah berikut, bagaimana cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar menggunakan Filmora dibawah ini.

1. Siapkan Video

Langkah pertama sudah jelas, kamu harus menyiapkan dulu 2 video yang ingin kamu gabungkan menjadi 1 frame.

cara mengedit 2 video menjadi 1 frame
Langkah 1 – Siapkan video

2. Import Media File

Buka aplikasi Filmora lalu pilih Import Media File, nanti kamu akan dibawa ke media penyimpanan setelah itu cari video yang sudah kamu siapkan tadi.

cara edit 2 video menjadi 1 layar
Langkah 2 – Import Video

Pilih video yang ingin kamu gabungkan dan klik Open.

cara edit 2 video jadi satu frame
Langkah 2.1 Cari Video Tadi

3. Drag and Drop

Blok atau tandai kedua video yang sudah kamu siapkan, setelah itu Drag and Drop ke layer. Cek video dibawah untuk lebih jelasnya dan melihat hasilnya.

cara edit 2 video jadi 1 frame
Langkah 3 – Drag and Drop
cara membuat beberapa video menjadi satu frame
Langkah 3.1 Hasil Drag and Drop

4. Geser Salah Satu Video

Nah pada tahap ini kamu bisa geser salah satu video ke atas. Hal ini dimaksudkan agar saat memutar video, ke dua video dapat secara bersama-sama terputar. Namun kamu dapat melakukan kustom di detik mana video kamu akan diputar. Dalam kasus Saya, Saya menjajarkan titik video di putar yaitu pada detik ke-0.

cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di pc
Langkah 4 – Geser Salah Satu Video ke Atas

5. Pilih Split Screen

Setelah tahap ke-4 selesai, sekarang kamu bisa masuk ke menu “Split Screen” yang ada di bagian atas pojok kanan. Pada bagian ini, kamu bisa memilih berbagai template split screen yang telah disediakan oleh Filmora. Disini Saya ambil contoh menggunakan salah satu template split screen pertama, yaitu terdapat dua screen yang memiliki ukuran yang sama.

cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar filmora
Langkah 5 – Pilih Split Screen

6. Klik 2x Pada Split Screen di Layer

Jika langkah sebelumnya sudah di selesai, sekarang kamu dapat mengklik kanan pada layer Split Screen yang sebelumnya kamu tambahkan dan pilih Show Properties. Selain menggunakan cara tersebut, anda juga dapat mengklik 2x pada layer Split Screen.

cara menggabungkan 2 video menjadi 1 video
Langkah 6 – Properties atau Klik 2x Pada Split Screen di Layer

7. Klik Advance

Selanjutnya silahkan klik ADVANCED, seperti yang Saya tandai dengan kotak warna merah pada gambar di bawah ini.

cara menggabungkan 2 video jadi 1
Langkah 7 – Klik Advance

8. Masukkan Video ke Layer Split

Jika sudah di dalam menu Advanced, sekarang kamu dapat memilih video apa saja yang ingin dimasukkan ke dalam split screen. Caranya dengan menggeser dan letakkan (drag and drop) video pada tampilan split screen yang diinginkan.

cara menggabungkan 2 video menjadi 1 video
Langkah 8 – Masukkan Video ke Layer Split

Hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.

cara menggabungkan 2 video dalam 1 frame
Langkah 8.1 Hasilnya

9. Menggabungkan 2 Video Selesai

Jika semua langkah-langkah yang Saya berikan di atas sudah diikuti dengan benar. Selamat anda sudah berhasil menggabungkan ke dua video dalam satu layar (split screen) dengan menggunakan Filmora.

cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar
Langkah 9 – Selesai

Begitulah cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di Laptop atau PC. Bagaimana ? Setelah kamu perhatikan tutorial edit video di Filmora caranya cukup mudahkan ? Apa lagi saya sudah menyertakan gambar step by stepnya, Saya yakin kamu pasti bisa mempertaktekannya.

Penutup

Sekian tutorial dari saya untuk Cara Mengedit 2 Video Menjadi 1 Frame di Android dan PC. Jika kamu menemukan kendala, atau ada pertanyaan yang ingin kamu tanyakan silahkan tanya di kolom komentar.

Leave a Comment