Siapa yang tidak kenal dengan kutu beras? hewan atau hama  yang memiliki bentuk kecil berwarna hitam mampu membuat seseorang merasa kesal dan sebal. Namun jangan khawatir jika anda menyimpannya dan dihampiri kutu beras.

Karena terdapat banyak cara yang bisa dilakukan agar kutu beras hilang dan dapat dibasmi. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara menghilangkan kutu beras secara alami, antara lain yaitu :

Bagaimana Cara yang dapat Dilakukan untuk Menghilangkan Kutu Beras?

 

  1. Gunakan Bawang Putih

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu beras yaitu dengan menggunakan bawang putih. Anda dapat membasminya dngan cara memotong bawang putih dan letakkan di wadah yang berisi beras. Kutu beras akan hilang karena bau dari bawang putih sangat menyengat.

Namun, jika bau aroma dari bawang putih sudah dirasa telah pudar, maka anda dapat menggantinya dengan bawang putih yang baru lagi. Lakukan cara ini berulang kali hingga kutu beras yang menempel benar-benar hilang.

  1. Gunakan Daun Salam

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutu beras yaitu menggunakan daun salam. Beberapa peneliti menunjukkan bahwa daun salam yang satu ini digunakan sebagai pengusir serangga alami untuk membasmi kutu beras. Anda dapat menghilangkan kutu beras dengan cara menyiapkan beberapa lembar daun salam dan letakkan ditempat yang dekat dengan beras.

  1. Meletakkan Beras di Freezer

Selain menghilangkan kutu beras dengan kedua bahan alami di atas, nyatanya anda juga bisa menghilangkannya dengan meletakkan beras di dalam freezer. Hal ini mungkin terdengar asing, namun ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengusir kutu beras dengan cara yang alami. Jika menggunakan cara ini, pasikan bahwa anda meletakkan dan mendiaamkannya dalam kulkas dalam waktu kurang lebih 3 hari.

  1. Menggunakan Jahe

Jahe merupakansalah satu tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat, baik untuk kesehatan dan lain sebagainya. Namun tahukan anda bahwa  rempah-rempah yang satu ini tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang saja, melainkan juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutus beras. Bisa dikatakan bahwa tanaman herbal yang satu ini bisa digunakan sebagai pestisida organik

Caranya yaitu anda perlu mengiris-ngiris jahe dalam bentuk kecil-kecil. Kemudian masukkan irisan atau potongan jahe ke dalam wadah penyimpanan beras. Dengan begitu kutu beras akan mudah hilang akibat diserang oleh aroma jahe.

  1. Gunkan Kayu Manis

Kayu manis juga merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk membasmi kutu beras. Kayu manis yang satu ini memiliki aroma khas yang menyengat dan ternyata ampuh dalam mengatasi kutu beras.

Caranya pun cukup mudah, dimaa dalam hal ini anda hanya perlu menggunakan beberapa bagian kulit kayu manis. Lalu letakkan pada wadah yang berisi beraas, dan diamkan semalaman hingga kutu beras dan hama keluar secara alami.

  1. Cuka

Untuk yang terakhir yaitu Cuka, dimana cuka ini merupakan sebuah larutan yang memiliki kandungan campuran 3 asam asetat dan air. Sementara kandungan Asam asetat itu sendiri dihasilkan dari fermentasi etanol oleh bakteri asam asetat. Biasanya bahan yang satu ini sering sebagai bahan tambahan memasak.

Namun siapa sangka bahan masakan ini memiliki kemampuan untuk membasmi dan menghilangkan kutu beras. Anda hanya perlu menyemprotkan cuka ini ditempat yang dekat dengan beras.  Dengan begitu kutu beras akan mudah hilang dan tidak mudah kembali.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.