Cara Ngecas Headset Bluetooth

Mengingat bahwa perangkat ini tidak dilengkapi dengan kabel, maka akan memanfaatkan baterai agar dapat berfungsi. Tentunya selama pemakaian dalam beberapa jam, pasti bisa habis setelahnya. Jadi Anda perlu mengisi dayanya kembali. Pertanyaannya, bagaimana cara ngecas headset Bluetooth ?

Cara Ngecas Headset Bluetooth

Bagi Anda yang baru saja membeli headset Bluetooth ini, pasti akan mendapatkan beberapa perlengkapan lain seperti dus, kabel USB micro, pengikat kabel, earbud dan juga alat pendukung lainnya. Pengisian daya ulang akan menggunakan USB dimana bentuknya pendek dan juga kecil.

1. Mencari Port USB

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yakni dengan mencari port USB pada headset Bluetooth tersebut. Biasanya merk berbeda akan memiliki posisi juga tidak sama sehingga harus dicari terlebih dahulu. Umumnya berada di sebelah kiri, kanan atau bahkan di bagian penghubung jika memang ada.

Bagian port inilah yang akan digunakan untuk mengisi daya ulangnya. Mengingat jika kabel micro USB juga berukuran kecil, maka harus lebih teliti saat mencarinya. Pastikan bahwa sudah benar letaknya dan berfungsi dengan baik.

2. Mencoba Proses Cas

Anda sudah bisa memulai proses pengisian ulang daya baterai apabila telah menemukan port untuk micro USB. Langkah pertama yaitu dengan menghubungkan kabel tersebut ke lubang yang sudah tersedia pada headset Bluetooth. Selanjutnya sambungkan ke charger agar bisa terhubung.

Anda bisa mengecek berhasil tidaknya proses cas ini melalui lampu indikator yang ada. Jika menyala, maka pengecasan sedang berlangsung. Sebenarnya hal ini hampir sama caranya apabila dibandingkan dengan mengecas HP.

3. Menunggu Proses Pengecasan Sampai Penuh

Anda perlu peka dengan lampu indikator yang menyala pada headset Bluetooth tersebut. Biasanya pengisian daya sudah berhasil penuh apabila LED telah berganti warna. Pasalnya proses pengecasan ini berbeda dari HP dimana terlihat persentase baterainya hingga 100%.

Biasanya proses pengecasan sudah berhasil penuh apabila lampu LED berubah warna menjadi hijau. Hal ini memang menjadi indikator paling umum sehingga Anda bisa menggunakan patokan ini sebelum melepaskan kabel data USB dari headset Bluetooth tersebut.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Cas Headset Bluetooth ?

Tentu Anda bertanya-tanya kapan sebaiknya perangkat ini bisa dicas agar tetap awet saat digunakan. Terutama jika sangat sering digunakan dan juga tidak cukup waktu untuk melakukan pengisian daya ulang.

Jawabannya adalah, Anda bisa memakai headset Bluetooth tersebut seperti biasa. Tunggu saja sampai perangkat ini mengingatkan ke pengguna masing-masing jika baterai sudah mau habis. Biasanya notifikasi muncul berupa your Bluetooth device is low atau baterai low dan sejenisnya.

Tanda lain yang bisa digunakan untuk mengeceknya yaitu dengan melihat lampu indikator di bagian headset Bluetooth masing-masing. Biasanya apabila LED sudah menunjukkan perubahan warna atau bahkan kedip-kedip, ini artinya baterai mau habis dan harus segera diisi ulang.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Cas Headset Bluetooh ?

Biasanya untuk mengecas headset bluetooth rata-rata hanya memakan waktu 1,5 Jam saja. Sebenarnya bisa lebih atau kurang dari 1,5 tergantung dengan merk headset yang kamu beli, karena setiap headset memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda.

Contohnya saja seperti headset bluetooth i7s TWS, karena memiliki kapasitas baterai yang lumayan besar ketika dicas maka akan memakan waktu 2 jam agar daya baterai bisa terisi penuh kembali.

Mengapa Headset Bluetooth Tidak Bisa Dicas ?

Cara mengecas headset Bluetooth memang tidak begitu berbeda ketika Anda sedang mengisi daya di HP. Sayangnya hal ini belum tentu semudah dilalui oleh orang-orang ketika mereka menjumpai adanya kesulitan atau bahkan kegagalan. Biasanya disebabkan karena berbagai hal, berikut ulasannya:

1. Kabel USB Rusak

Kabel micro USB bisa saja sudah mengalami kerusakan bahkan ketika Anda baru pertama kali membelinya. Mengingat jika ukurannya memang sangat kecil, maka tinggi kemungkinannya jika rusak selama di perjalanan apabila dibeli secara online.

Anda bisa mengganti kabel USB ini dengan yang baru untuk mengecas headset Bluetooth tersebut. Sebenarnya, tipenya sama saja seperti micro USB umumnya. Pastikan saja jika konektornya sesuai dan tidak longgar.

2. Head Charger Rusak

Tidak hanya kabel USB yang seringkali mengalami kerusakan, head charger pun juga kerap rusak karena berbagai penyebab. Misalnya ketika Anda sering mengganti penggunaannya untuk mengecas perangkat berbeda dengan headset bluetooth ini secara bersamaan.

Solusinya, Anda bisa mengganti baru head charger yang tidak bisa digunakan ini. Paling mudah, coba saja terlebih dahulu charger HP dan pastikan jika original. Cara ini biasanya sudah cukup solutif sebelum membelinya lagi.

3. Port Headset Bluetooth

Penyebab yang sudah dinilai cukup parah yaitu ketika port pada headset Bluetooth memang sudah mengalami kerusakan. Tentu hal ini menjadi penyebab utamanya meskipun kabel micro USB dan head charger sedang dalam keadaan baik.

Satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan yakni dengan membeli headset Bluetooth baru. Pasalnya bagian port sendiri terpasang menyatu pada perangkat tersebut sehingga tidak dapat diganti baru dengan lainnya.

4. Baterai Rusak

Penyebab terakhir selain bagian port mengalami kerusakan yaitu ketika baterai sudah rusak. Biasanya hal ini juga disebabkan karena banyak hal. Misalnya ketika pengisian daya ulang terlalu penuh atau pengguna seringkali membiarkan perangkat dalam keadaan lowbat dalam waktu lama.

Bagi Anda yang masih memiliki garansi dari pembelian headset Bluetooth tersebut, maka alangkah lebih baik jika di garansikan saja. Cara lainnya dengan mencoba melakukan servis agar diketahui bagian mana mengalami kerusakan dan dapat diperbaiki.

Langkah-langkah dalam cara ngecas headset Bluetooth sebenarnya cukup mudah. Sayangnya masih banyak pengguna menjumpai kegagalan karena berbagai macam alasan. Tentu hal ini cukup mengganggu karena tidak dapat mengecasnya.

Leave a Comment