Download CorelDraw X3 Gratis

Untuk para desainer grafis mungkin sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini, CorelDRAW dan Photoshop adalah aplikasi yang bisa membantu proses pengeditan foto dengan mudah. Setelah kemarin saya membahas tentang Adobe Photoshop, kini kita akan membahas CorelDRAW X3 yang saat ini masih menjadi primadona di kalangan desainer grafis.

CorelDRAW X3 merupakan aplikasi editor grafis Vektor yang dibuat oleh perusahaan Corel. Corel sendiri merupakan suatu perusahaan perangkat lunak yang ada di Ottawa, Kanda. CorelDRAW sebenarnya hanya dikembangkan dan hanya bisa dijalankan untuk sistem operasi windows 2000. Banyak yang tidak tahu jika Versi CorelDRAW untuk Linux sebenarnya pernah dikembangkan, namun karena tingkat penjualannya yang rendah akhirnya dihentikan.

CorelDRAW X3 memiliki tampilan yang baru dan juga beberapa aplikasi baru yang sebelumnya tidak ada pada versi sebelumnya seperti Table, Quick Start, Smart Drawing Tool, dan lain masih banyak lagi.

CorelDRAW sendiri merupakan perangkat lunak pengolah grafis yang berbasis vektor yang sangat handal dan menjadi software yang paling banyak digunakna oleh para desainer grafis untuk mengolah dan membuat obyek dari karya mereka. CorelDRAW X3 ini banyak digunakan untuk para desainer dalam membantu membuat logo, poster, iklan, peta dan lain-lain.

Kelebihan CorelDRAW X3

Walaupun saat ini versi CorelDRAW sudah ada hingga versi ke 15. Namun CorelDRAW X3 ini masih menjadi primadona dari para desainer grafis, terutama bagi para desainer grafis yang tidak memiliki spesifikasi komputer yang begitu handal.

Karena menjadi salah satu aplikasi andalan dari para desainer grafis, tentu saja CorelDRAW mempunyai berbagai macam keunggulan di dalamnya. Berikut adalah keunggulan dari CorelDRAW X3.

  • Gambar berbasis vektor yang dihasilkan bisa ditekan seminimal mungkin ukurannya namun kualitas yang dihasilkan tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster. Oleh sebab itu desainer grafis dan juga olah gambar berbasis vektor lebih menyukai aplikasi ini dibandingkan aplikasi lainnya.
  • Tampilan yang user friendly sehingga bisa dengan mudah dipahami dan juga dipelajari bahkan untuk orang awam sekalipun. Jadi bisa dibilang CorelDRAW X3 ini cocok untuk anda yang ingin belajar membuat logo atau membuat poster dengan komputer.
  • Dalam kolaborasi gambar dan teks, Coreldraw X3 sangat bagus, walaupun ada aplikasi lainnya yang bisa juga kita gunakan. Namun CorelDRAW X3 ini lebih mudah digunakan.
  • CorelDRAW mempunyai dukungan forum dan juga komunitas yang besar dan tersebar di berbagai dunia. Selain itu para member dari komunitas CorelDRAW tersebut juga tidak segan-segan membagikan ilmu yang bermanfaat.
  • Memiliki banyak tools dan juga effect yang bisa memudahkan pembuatan objek vektor berupa garis, kotak dan lengkung terutama untuk mendesain atau redesign logo.
  • Hanya membutuhkan spesifikasi PC yang rendah.

Kekurangan CorelDRAW X3

Setelah mengetahui keunggulan aplikasi ini, ada baiknya kamu juga harus mengetahui kekuranganya. Berikut kekurangan CorelDRAW X3 :

  • Warna yang di cetak terkadang kurang akurat di beberapa jenis printer.
  • Untuk pembuatan objek table tidak segampang membuat table pada MS Word. Sehingga kamu harus melakukannya dengan cara manual.
  • Jika ada penggabungan antara objek vector dan photo/bitmap kualitas dan hasil cetakannya kurang memuaskan.
  • Kompatibilitas versi CorelDraw juga memiliki banyak kendala dalam sharing keversi lainnya.

Spesifikasi Minimum CorelDRAW X3

Untuk kenyamanan anda dalam mengolah karya visual, tentu saja anda harus memiliki komputer dengan spesifikasi minimum yang sesuai dengan CorelDRAW X3. Berikut adalah spesifikasi minimum yang harus dipenuhi untuk menginstall CorelDRAW X3.

  • RAM 256 MB
  • Prosesor minimal Pentium IV atau yang setara dengan prosesor tersebut.
  • Minimal ruang kosong di Harddisk 1.5 GB.
  • VGA 2 MB
  • CD/DVD ROM jika anda ingin menginstall CorelDRAW X3 ini dari Compact Disc.

Download CorelDRAW X3

Nama AplikasiCorelDRAW X3
LisensiFreeware
CompatibleMac/Windows
Link Download CorelDRAW X3.exe (2 MB)
CorelDRAW X3 Portable (34 MB)
Informasi Link Download CorelDRAW X3

Kesimpulan

Aplikasi edit gambar untuk PC memang sangat banyak, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Namun, bila anda mencari aplikasi berbasis vektor yang ringan, mudah digunakan, fitur lengkap, ukuran kecil, dan memiliki banyak tutorial di internet, mungkin CorelDraw X3 ini bisa menjadi pilihan untuk anda. Memang tampilan terkesan jadul (lama) dan fitur tidak selengkap aplikasi terbaru yang rilis sekarang ini. Namun, jika anda kreatif, kekurangan fitur tidak dapat menganggu pekerjaan anda, anda dapat menggunakan teknik-teknik yang mungkin banyak beredar di internet untuk menutup fitur yang kurang.

Jika anda adalah seorang yang pemula atau belum punya modal untuk membeli aplikasi CorelDraw versi terbaru, aplikasi ini sangat cocok untuk anda. Terlebih karena aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan tidak serumit versi terbaru, bisa menjadi pilihan untuk anda dalam belajar membuat atau mengedit gambar. Namun saya sarankan, bila anda sudah ahli dalam mengoperasikan CorelDraw dan mempunyai penghasilan dengan aplikasi ini, belilah versi terbaru yang berbayar, terlebih pada versi terbaru mempunya fitur yang lebih lengkap, membeli produk asli dapat mendukung developer.

Leave a Comment