Download Adobe Photoshop CS6 Gratis Terbaru 2020

NamaAdobe Photoshop CS6 Latest Version
PublisherAdobe
RilisMei 2012
System OperasiWindows, MacOS
LisensiFreeware
KategoriMultimedia
Link DownloadAdobe Photoshop CS6 32 bit Portable
Adobe Photoshop CS6 64 bit Portable
Adobe Photoshop CS6 Extended Offline Installer
Download Abobe Photoshop CS6

Adobe Photoshop adalah software edit foto yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Software ini banyak diminati oleh orang-orang yang bergelut di bidang digital marketing, fotografer, dan jasa percetakan untuk memoles foto maupun gambar agar lebih menarik.

Dibandingkan software serupa, orang-orang lebih memilih Adobe Photoshop karena fitur-fitur yang dihadirkan lebih lengkap dan tampilannya yang simple sehingga mudah digunakan.

Adobe Photoshop sendiri memiliki banyak versi. Mulai dari versi awal 1.0, versi CS (Creative Suite) hingga CC (Creative Cloud). Namun di antara semua versi, yang paling populer adalah versi terakhir dari CS series, Adobe Photoshop CS6.

Adobe Photoshop CS6

Download Adobe Photoshop Cs6
Download Adobe Photoshop Cs6

Adobe Photoshop CS6 pertama kali dirilis pada bulan Mei 2012 dengan menambahkan banyak tools baru yang lebih kreatif. Selain itu ada juga pembaruan pada user interface guna meningkatkan kinerja dan fokus pengguna.

Dibandingkan pendahulunya CS5, Adobe Photoshop CS6 lebih diminati karena selain dibekali fitur yang lebih lengkap, versi ini melengkapi seri Adobe Creative Suite. Sebab, untuk bisa menikmati versi terbaru yakni CC (Creative Cloud), kamu harus berlangganan dengan biaya yang tidak sedikit.

Adobe Photoshop CS6 menambahkan beberapa fitur dan memperbarui fitur lama guna memberikan kenyamanan untuk pengguna.

Contohnya fitur Content Aware Move yang memudahkan kamu untuk menghilangkan sebuah objek dari foto yang sedang di-edit. Selain itu, dengan fitur ini kamu juga bisa memindahkan objek dari satu titik ke titik lain dengan mudah.

Ada lagi fitur Blur Gallery yang bisa kamu manfaatkan untuk mensimulasi foto bokeh tanpa plugin tambahan.

Adobe Photoshop CS6 juga dibekali fitur Auto Recovery yang akan menyimpan file secara otomatis. Jadi, saat laptop atau komputer mati, kamu tak perlu khawatir hasil editan kamu hilang.

Di samping itu, Crop Tool pada CS6 sudah diperbarui dengan fungsi yang lebih baik. Bahkan cara kerjanya diklaim mirip dengan Crop Tool pada Lightroom.

Nah, setelah mengetahui penjelasan singkat last version dari Creative Suite ini, kamu mungkin perlu tahu spesifikasi minimum atau system requirements yang dibutuhkan jika ingin menggunakan Adobe Photoshop CS6.

System Requirements Minimum Adobe Photoshop CS6

Sebelum memutuskan download Adobe Photoshop CS6, ada baiknya kamu memastikan laptop atau komputer sesuai dengan spesifikasi minimum Adobe Photoshop CS6. Karena akan percuma kalau perangkat yang kamu gunakan tidak mendukung.

System Requirements Minimum Windows

  • Intel Pentium 4 atau prosesor AMD Athlon 64
  • Microsoft Windows XP, Microsoft Windows 7, dan Microsoft Windows 8
  • Minimal RAM 1GB
  • Space penyimpanan 1GB saat penginstalan
  • Resolusi layar 1024 x 768 dan didukung 16-bit dan VGA minimal 512MB
  • API grafis OpenGL 2.0

System Requirements Minimum MacOS

  • Multi-core processor dengan dukungan 64-bit
  • Mac OS X v10.6.8
  • Ukuran RAM minimal 1GB
  • Saat proses penginstalan, harus tersedia minimal 2GB space kosong
  • Minimal tampilan layar 1024 x 768 16-bit dan VGA 512MB, sama seperti di Windows
  • API grafis OpenGL 2.0

System Requirements Recommended Adobe Photoshop CS6

Agar proses pengeditan bisa lebih maksimal, tidak nge-lag atau stop working, Adobe menyarankan system requirements terbaik untuk Photoshop CS6 di platform Windows maupun Mac OS.

System Requirements Recommended Windows

  • Intel Core 2 Duo atau Core 2 Quad
  • Microsoft Windows 7 atau Microsoft Windows 8
  • RAM 2GB lebih disarankan
  • Space penyimpanan 1GB juga sudah bagus, karena hanya sebagai syarat penginstalan saja
  • Resolusi layar 1280 x 800 32-bit denga VGA minimal 1GB

System Requirements Recommended MacOS

  • Multi-core processor dengan dukungan 64-bit sudah sangat mendukung
  • Mac OS X v10.7 atau Mac OS X Mountain Lion v10.8
  • Ukuran RAM 2GB lebih disarankan
  • Space kosong 2GB tak jadi masalah
  • Agar tampilan lebih maksimal disarankan 1280 x 800 32-bit dan VGA 1GB

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Photoshop CS6

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Adobe Photoshop CS6 adalah seri terakhir dari versi offline atau CS (Creative Suite). Yang artinya kalau kamu ingin menggunakan Photoshop terbaru tanpa koneksi internet, versi ini bisa kamu pilih.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Adobe Photoshop CS6 dibandingkan software edit foto yang lain?

Kelebihan Adobe Photoshop CS6

1. Pilihan Tools yang Beragam
Kelebihan Adobe Photoshop CS6 yang jadi pertimbangan banyak pengguna adalah tersedianya ragam tools bermanfaat untuk proses editing. Dengan begitu, pengguna bisa bebas berkreasi tanpa kesulitan berarti.

2. Mudah Dipelajari
Kita semua sepakat kalau Photoshop begitu populer di seluruh dunia. Dengan kepopulerannya ini, banyak orang yang membuat tutorial cara mengedit dengan Photoshop. Hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan, karena pemula bisa belajar dengan mudah.

3. Fitur Lengkap
Photoshop membebaskan pengguna untuk berkreasi dan berimajinasi sesuka hati. Untuk itu, software ini menyediakan segala macam fitur, efek, filter, maupun gradasi yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik tampilan foto dan gambar yang kamu buat.

4. Mengubah Ukuran File
Adobe Photoshop CS6 memiliki kelebihan untuk menyesuaikan ukuran file yang dibutuhkan. Kamu bisa mengubah file besar menjadi lebih kecil tanpa aplikasi tambahan. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan file dalam berbagai format.

Kekurangan Adobe Photoshop CS6

1. Interface Menyulitkan Pemula
Dibandingkan software atau aplikasi edit foto lain, kekurangan Adobe Photoshop CS6 ada pada interface yang cukup membingungkan, khususnya bagi pemula. Sehingga agar bisa mahir, kamu harus memahami fungsi dari fitur-fitur yang tersedia.

Selain itu, banyaknya layer saat mengedit gambar maupun foto dirasa sangat menyulitkan. Bahkan tak jarang layer yang sudah dibuat tertumpuk dengan layer lainnya. Tentunya ini kurang efisien dan menghambat proses pengeditan.

2. Butuh Update Berkala
Jika ingin menikmati fitur-fitur terbaru, kamu harus melakukan update setiap tahunnya. Tapi saat sudah diperbarui, beberapa bug terkadang muncul pada sistem. Meskipun masih bisa diatasi, namun ini bisa jadi penghalang saat ada proyek yang harus segera diselesaikan.

3. Tidak Menampilkan Progress Bars
Meskipun dibekali tools yang cukup lengkap, namun beberapa tools tidak dibekali dengan progress bars seperti yang ada pada software lain. Ini seringkali menjadi penghambat karena pengguna harus terus memeriksa untuk memastikan progress editannya.

4. Tidak Bisa Menyimpan File EPS Vektor
Bila kamu ingin membuat vector untuk dijual di situs stok foto seperti Pixabay, maka Photoshop bukan pilihan yang tepat. Meskipun ada pilihan file EPS, tapi saat diunggah ke Pixabay, file tersebut tidak terbaca oleh sistem. Untuk itu, Photoshop tidak cocok bagi graphic designer.

Meskipun banyak software serupa yang beredar di pasaran, nyatanya Adobe Photoshop tetap menjadi software edit foto paling populer di dunia. Salah satu pemicunya tentu karena pengguna memiliki banyak pilihan versi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi komputer.

Adobe Photoshop CS6 tersedia untuk sistem operasi Windows dan juga Mac OS. Sebenarnya di Linux juga bisa, namun harus dengan bantuan emulator. Silahkan download Adobe Photoshop CS6 gratis terbaru dengan cara klik link di bawah ini.

Download Adobe Photoshop Cs6
NamaAdobe Photoshop CS6
PublisherAdobe
RilisMei 2012
System OperasiWindows, MacOS
LisensiFreeware
KategoriMultimedia
Link DownloadAdobe Photoshop CS6 32 bit Portable
Adobe Photoshop CS6 64 bit Portable
Adobe Photoshop CS6 Extended Offline Installer
Download Abobe Photoshop CS6

Leave a Comment