Camtasia Studio

Jika kamu sedang mencari aplikasi edit video pc ringan, mungkin aplikasi Camtasia Studio bisa kamu coba. Camtasia Studio adalah sebuah perangkat lunak yang dapat menangkap dan merekam layar PC kamu. Dengan software ini kamu dapat membuat video klip ala profesional meskipun kamu tidak memiliki keahlian dalam editting video sekalipun.

Camtasia dirilis pada tahun 2002 dan dikembangkan oleh TechSmith. Aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat video presentasi, tutorial, dan demo. Aplikasi ini pastinya juga memiliki fitur standart yang memang harus dimiliki oleh sebuah aplikasi edit video seperti tools untuk memotong, memangkas, memutar, lalu fitur efek dan transisi.

Jika kamu ingin membuat video-video durasi singkat dan tidak membutuhkan banyak pengeditan aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan. Selain gratis Camtasia juga sangat ringan tidak membutuhkan RAM besar dan penginstalannya pun sangat mudah.

Fitur-Fitur Camtasia Studio

Download Camtasia for Windows dan Macos

Aplikasi ini memang banyak disenangi oleh orang-orang karena ringan dan mudah digunakan. Nah sebelum mendownload Camtasia Studio ada baiknya jika kamu lihat dulu beberapa fitur yang dimiliki aplikasi ini. Berikut fitur-fiturnya.

1. Leveling Audio Otomatis. Dengan fitur ini tidak peduli berapa banyak file audio yang kamu tambahkan ke timeline. Dengan Automatic Audio Leveling video kamu akan terdengar lebih baik dari sebelumnya.

2. Mouse cursor smoothing. Efek cursor smoothing memiliki fungsi yang bagus, ketika sedang merekam layar PC kamu dapat memuluskan gerakan kursor dengan menggunakan fitur ini.

3. Pintasan Keyboard yang dapat diedit. Camtasia Studio sudah menambah sepuluh kali pintasan keyboard yang bisa disesuaikan oleh pengguna. Jadi kamu dapat mensetting pintasan keyboard sesuka hatimu agar pekerjaanmu menjadi lebih fleksibel dan cepat selesai.

4. Terdapat Audio dan Musik gratis. Aplikasi ini juga sudah menyediakan banyak Audio dan Musik gratis yang bisa kamu pakai untuk membuat videomu menjadi lebih menarik. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi terkena copyright saat ingin mengupload video hasil editanmu ke Youtube, karena musik dan audio yang dimiliki Camtasia itu bebas royalty.

5. Memiliki banyak efek transisi. Bukan aplikasi edit video namanya jika tidak memiliki efek transisi untuk memperbagus video. Aplikasi ini memiliki banyak efek transisi yang siap kamu gunakan kapanpun untuk keperluan editting.

Kelebihan dan Kekurangan Camtasia

Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Camtasia.

Kelebihan

  • Sanggup hasilkan kualitas rekaman HD
  • Langsung bisa mengubah video yang kita rekam
  • Ukuran software yang kecil
  • Dapat diguanakn untuk PC spek low
  • Mempunyai feature render yang bisa mebagikan langsung hasil video kita di Youtube, Google Drive, Vimeo dan yang lain

Kekurangan

Spesifikasi Camtasia

Sebelum download Camtasia Studio ada baiknya jika kamu pastikan dulu minimum system requirement yang dimiliki aplikasi ini sesuai dengan PC kamu. Itu berguna untuk menghidari lag saat kamu sedang mengoprasikan aplikasi ini, berikut system requirementnya.

System Requirement Windows

Minimum System Requirement Recommended System Requirement
Sistem operasi Microsoft Windows 10 (64-bit) versi 1607 atau yang lebih baru Microsoft Windows 10 (64-bit) versi 1809 atau yang lebih baru
Prosesor 2,8 Ghz 6 Generation Intel ® Inti  i3 Processor dengan 2 CPU Cores atau 2,8 Ghz 1 Generation AMD ® Ryzen  3 Processor dengan 2 CPU Cores 3,5 Ghz 8th Generation Intel ® core  i5 Processor dengan 4 CPU Cores atau lebih baik atau 3,5 Ghz 2nd Generation AMD ® Ryzen  5 Processor dengan 4 CPU Cores atau lebih baik
RAM RAM 8 GB 16GB RAM atau lebih
GPU   NVIDIA GeForce 10 Series atau lebih tinggi
Ruang hard disk 4GB ruang disk yang tersedia SSD dengan 4GB ruang disk yang tersedia
Pantau resolusi 1366×768 1920×1080 atau lebih besar
Mikropon Mikrofon internal USB atau mikrofon eksternal lainnya untuk merekam suara
Internet Koneksi internet dan akun TechSmith diperlukan untuk uji coba Koneksi internet dan akun TechSmith diperlukan untuk uji coba
Lebih Banyak Persyaratan Sistem Microsoft .NET 4.7.2 atau yang lebih baru (disertakan), Windows N memerlukan paket MediaFeature untuk Windows N Microsoft .NET 4.7.2 atau yang lebih baru (disertakan), Windows N memerlukan paket MediaFeature untuk Windows N

System Requirement MacOS

Minimum System Requirement Recommended System Requirement
Sistem operasi macOS 10.13 macOS 10.15 atau lebih baru
Prosesor Intel ® Inti  i5 Processor dengan 4 CPU Cores 2,4 Ghz Intel ® core  i5 Processor dengan 4 CPU Cores atau lebih baik
RAM RAM 4 GB 16GB RAM atau lebih
Ruang hard disk 4GB ruang disk yang tersedia SSD dengan 4GB ruang disk yang tersedia
Mikropon Mikrofon internal USB atau mikrofon eksternal lainnya untuk merekam suara
Internet Koneksi internet dan akun TechSmith diperlukan untuk uji coba Koneksi internet dan akun TechSmith diperlukan untuk uji coba
Lebih Banyak Persyaratan Sistem Impor PowerPoint memerlukan Powerpoint 2016, 2019 atau lebih baru untuk Mac, Pemutaran menggunakan Smart Player didukung di Internet Explorer 11+, Microsoft Edge, Chrome, Firefox, dan Safari, iOS 11 atau lebih baru, Android 5 atau lebih baru Impor PowerPoint memerlukan Powerpoint 2016, 2019 atau lebih baru untuk Mac, Pemutaran menggunakan Smart Player didukung di Internet Explorer 11+, Microsoft Edge, Chrome, Firefox, dan Safari, iOS 11 atau lebih baru, Android 5 atau lebih baru

Download Camtasia Studio Terbaru

Download Camtasia Studio Gratis
Nama Camtasia Studio
Versi Terbaru 2021
Publisher TechSmith
Sistem Operasi Windows dan MacOS
Lisensi Freeware
Kategori Multimedia
Ukuran File 515 MB
Info Download Camtasia Studio

Sekian pembahasan saya mengenai Download Camtasia Studio Terbaru 2021 secara gratis untuk Windows dan MacOS. Jika link download camtasia diatas rusak silahkan lapor di kolom komentar agar bisa segera di perbaiki.

Leave a Comment