VirtualDub

Berbicara tentang aplikasi edit video ada sebuah aplikasi yang menurut saya sangatlah ringan dan mudah digunakan yaitu VirtualDub. Untuk menggunakan VirtualDub sangatlah mudah, kamu tidak harus memiliki skill edit video profesional.

Jika kamu sudah menguasai fitur-fitur dasar dalam mengedit video seperti memotong, menyatukan, menghapus, dan lainnya kamu pasti tidak akan kesulitan untuk menggunakan aplikasi ini. Selain Windows Movie Maker, software edit video VirtualDub ini sangat saya sarankan untuk kamu yang memiliki spesifikasi PC yang kecil.

VirtualDub dirilis pada tanggal 16 Agustus 2000 dan dikembangkan oleh Avery Lee. Sebelum kamu mendownload VirtualDub versi terbaru, ada baiknya jika kamu lihat dulu apa-apa saja fitur, kelebihan dan kekurangan, serta system requirement yang dimilikinya. Namun jika kamu ingin langsung mendownloadnya kamu bisa langsung scroll kebawah untuk download VirtualDub.

Fitur-Fitur VirtualDub

Download VirtualDub

VirtualDub memiliki beberapa fitur yang bagus, walaupun ringan tetapi aplikasi ini sudah memiliki fitur tools basic yang lengkap dan cocok digunakan untuk mendedit video buat kebutuhan youtube dan vlog. Berikut fitur-fitur yang dimilikinya.

1. Split & Trim Video. Fitur ini berfungsi untuk menggabungkan video dan melakukan split pada video. Jadi jika kamu ingin membuat video slide show, kamu juga dapat membuatnya di aplikasi ini.

2. Melakukan Pemotongan dan Memutar Video. Selain menggabungkan video, aplikasi edit video ini juga memiliki tools untuk memotong video. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa memutar dan merotasi video sesuai keinginanmu.

3. Menambahkan Teks dan Sub Judul. Jika kamu ingin membuat video kata-kata bijak atau kata-kata motivasi, aplikasi ini juga sudah mendukung penambahan teks pada video.

4. Menambahkan Audio Backsound atau Menghapus Audio. Jika kamu kurang suka dengan audio yang terdapat pada video yang ingin kamu edit, kamu bisa menghapusnya dan menggantinya dengan audio lain yang kamu sukai.

5. Mengkompres Video. Salah satu fitur bagus yang terdapat pada VirtualDub adalah kamu dapat mengkompres video atau mengecilkan video, sehingga nantinya videio tidak akan memakan penyimpanan yang terlalu besar di hardisk kamu.

6. Tampilan yang User Friendly. Aplikasi edit video VirtualDub memiliki tampilan yang simple dan enak dipandang mulai dari caption, menu bar, info panel, status bar. Sehingga akan memudahkan kamu dalam melakukan pengeditan.

Fitur-Fitur Lainnya

  • Kecepatan bingkai pecahan. 
  • Akses disk yang dioptimalkan untuk penggunaan hard disk yang lebih konsisten. Buat file AVI2 (OpenDML) untuk memecahkan penghalang AVI 2GB dan beberapa file untuk menembus batas FAT32 4GB.
  • Pengukur volume dan histogram terintegrasi untuk pemantauan level input.
  • Perampingan waktu nyata, pengurangan noise, dan field swapping.
  • Pemantauan verbose, termasuk tingkat kompresi, penggunaan CPU, dan ruang disk kosong.
  • Akses format video tersembunyi yang mungkin didukung oleh kartu pengambilan Anda tetapi tidak memiliki pengaturan, seperti 352×480.
  • Pintasan keyboard dan mouse untuk pengoperasian yang lebih cepat.

Kelebihan dan Kekurangan VirtualDub

Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh software edit video VirtualDub.

Kelebihan

  • Ringan dan memiliki tampilan yang User Friendly
  • Memiliki kemampuan batch-processing untuk menangani sejumlah besar file
  • Memiliki tools basic yang lengkap
  • Dapat mengkompress video
  • Mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun
  • Cocok digunakan untuk PC low spek

Kekurangan

  • Fitur-fitur yang dimilikinya masih kalah dengan aplikasi edit video lainnya seperti Filmora, Adobe Premiere Pro, dan yang lainnya.

Spesifikasi VIrtualDub

Ada baiknya jika kamu pastikan terlebih dahulu system requirement VirtualDub sesuai dengan spesifikasi PC yang kamu miliki.

System Requirement VirtualDub

Sistem Operasi Windows
Prosesor 1,5 gigahertz (GHz), seperti Intel Pentium 4, AMD Athlon XP 1500+, atau prosesor yang setara 600 megahertz (MHz), seperti Intel Pentium III, Advanced Micro Devices (AMD) Athlon, atau prosesor yang setara
RAM 128 MB RAM, Memori 16 MB atau lebih.
Video Kartu video PCI atau VESA yang dipercepat
System Requirement VirtualDub

Download VirtualDub Terbaru

Download VirtualDub Gratis
Nama VirtualDub
Versi Terbaru v1.10.4 Latest Version
Publisher Avery Lee
Sistem Operasi Windows
Kategori Multimedia
Ukuran File 2 MB
Info Download VirtualDub

Jika kamu mencari aplikasi edit video ringan saya sangat menyarankan kamu untuk mencoba download VirtualDub. Walaupun ringan tetapi aplikasi ini memiliki fitur yang lumayan lengkap.

Sekian pembahasan saya mengenai download VirtualDub versi terbaru 2021 32 bit dan 64 bit secara gratis. Jika link Download diatas rusak silahkan lapor di kolom komentar agar bisa segera di perbaiki.

Leave a Comment