WinRAR

WinRAR adalah sebuah software utilitas untuk pengarsipan dan kompresi (memperkecil) ukuran file atau folder yang mendukung berbagai format seperti RAR, ZIP, CAB, ARJ, LZH, TAR, GZip, UUE, ISO, BZIP2, Z, dan 7-Zip. Aplikasi ini sangat berguna untuk membantu kamu mengelola dan mengatur file agar menjadi lebih mudah dan cepat.

WinRAR pertama kali dirilis pada tahun 1995 yang di kembangkan oleh Eugene Roshal dan Alexander Roshal. Banyak web download aplikasi, game, dan video menggunakan software ini untuk mengkompres file agar menjadi lebih mudah diupload dan didownload oleh visitor, karena ukuran file yang sudah mengecil.

Program utilitas ini memang bagus dan dapat mengkompresi file hingga 40%. Misal kamu memiliki sebuah file berukuran 10 MB, setelah kamu mengkompres file tersebut menggunakan WinRAR maka ukuran file akan berubah menjadi lebih kecil yaitu 6 MB.

Fitur-Fitur Unggulan WinRAR

Banyak program utilitas arsip tersebar di internet, tetapi biasanya orang-orang lebih memilih menggunakan WinRAR. Mengapa ? Itu karena terdapat beberapa fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh program utilitas lainnya. Berikut fitur keunggulan yang dimiliki oleh WinRAR.

1. Memiliki Tampilan Antar Muka yang Sederhana

Download WinRAR Gratis

Aplikasi RAR memiliki tampilan yang simple dan mudah dimengerti. Walaupun sudah beberapa kali melakukan pembaharuan, tetapi tampilan aplikasi ini sama sekali tidak berubah dan masih setia dengan tampilan yang lama.

Jadi kamu tidak perlu takut kebingungan saat menggunakan apliakasi ini. Saya yakin kamu dapat menggunakan program utilitas ini dengan mudah bahkan untuk pemula sekalipun.

2. Dapat Mengkompres File dengan Cepat dan Mudah

Download WinRAR Full Version

Apa lagi untuk mengkompres file kamu tidak perlu bingung bagaimana cara melakukannya, karena caranya sangatlah mudah.

Untuk mengkompres atau mengarsipkan file kamu hanya perlu klik kanan pada file yang ingin di Arsip. Lalu jika kamu memilih menu Add to “file.rar” maka secara otomatis file akan terkompres ke dalam format rar.

Download WinRAR versi Terbaru

Nah, kalau kamu ingin mengubah ke format yang lain saat ingin mengkompres file. Kamu hanya perlu memilih menu Add to Achive, nanti kamu akan di bawa ke menu Archive sebelum megkompres. Disitu kamu bisa mensetting format file, Compression Method, Dictionary Size, dan lainnya.

3. Memiliki Fitur Pengaman

Download WinRAR 32 bit

Jika kamu memiliki file penting atau file pribadi yang tidak ingin orang tau, kamu dapat mengarsipkan file lalu memberikan sandi atau kata kunci yang kamu inginkan. Bahkan kamu juga dapat mengenkripsi file agar lebih aman lagi.

Untuk menambahkan kata sandi pada file arsip, kamu hanya perlu mengeset pasword pada menu Archive. Saat mengeset pasword disitu juga kamu bisa mencentang enkripsi file untuk menambah pengamanan.

Setelah itu centang lock archive, ketika file selesai di arsipkan nanti file asrip itu akan otomatis terkunci. Kamu bisa test mengekstrak file atau membuka file apakah file tersebut sukses terkunci atau tidak. Jika file meminta pasword berarti kamu sudah berhasil mengamankan file rahasia kamu.

4. Dapat Memindai Virus

Download WinRAR 64 bit

Selain dilengkapi dengan fitur pengunci file arsip, aplikasi ini juga dapat memindai virus. Jadi sebelum mengeksrak sebuah file, kamu dapat memindai file tersebut terlebih dahulu agar komputer kamu aman dari virus.

6. Memperbaiki File Arsip yang Rusak

Download Winrar 2021

Kamu pasti pernah mendownload file arsip dengan format Rar, Zip, dan sejenisnya. Lalu ketika di ekstrak file arsip yang sudah kamu download susah payah tadi malah rusak. Rasanya pasti sangat mengesalkan bukan, saya juga pernah merasakan hal itu.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, ketika kamu menemukan file yang rusak saat di ekstrak. Aplikasi ini dapat memperbaiki file arsip yang rusak itu. Ini merupakan salah satu fitur unggulan yang di miliki oleh winrar, sangat membantu bukan.

7. Tersedia untuk 40 Bahasa

Untuk kamu yang tidak bisa menggunakan bahasa lain, kamu tidak perlu khawatir. Soalnya aplikasi ini sudah tersedia untuk 40 bahasa mulai dari bahasa Arabic sampai Vietnam dan untuk Bahasa Indoneisa juga tersedia lho. Dengan adanya berbagai macam bahasa jelas hal itu akan sangat membantu sekali bagi para pengguna.

Spesifikasi WinRAR

Aplikasi ini sangat ringan jadi tidak perlu mempunyai PC spek dewa untuk menginstalnya. Berikut ini adalah spesifikasi atau system requirement WinRAR.

System Requirement

System Operasi Windows Xp, Windows 7 keatas, Linux, MacOS
Hardisk Membutuhkan ruang penyimpanan 5 MB untuk instalasi
Dukungan bit 32 bit dan 64 bit
RAM 1 GB

Download WinRAR Terbaru Gratis

Download Winrar Gratis
Nama WinRAR
Versi Terbaru 6.00
Publisher win.rar GmbH
System Operasi Windows, MacOS, Linux
Lisensi Shareware
Kategori Utilitas & Alat
Bahasa Tersedia 40+ Bahasa
Info Download Winrar

Sekian pembahasan saya tentang Download WinRAR terbaru versi 6.00 gratis 32 bit dan 64 bit untuk Windows, MacOS, dan Linux. Jika ada link download yang rusak silahkan lapor di kolom komentar, saya akan segera memperbaikinya.

Leave a Comment