8 Game Battle Royale Android Terbaru 2021, Lebih Seru!

Kalau bicara soal game battle royale Android, hampir semua orang menyebut PUBG atau Free Fire. Padahal selain itu masih banyak game bertemakan battle royale yang tak kalah seru untuk dimainkan, bahkan dengan grafis yang lebih baik.

Melihat perkembangan game mobile saat ini, rasanya gamer benar-benar dimanjakan baik dari segi gameplay maupun grafis. Jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana grafis game masih patah-patah, bahkan bisa dibilang sangat jelek.

Apa Itu Game Battle Royale?

Sebelum membahas lebih lanjut daftar game battle royale terbaik, ada baiknya simak dulu penjelasan sederhana tentang genre game yang satu ini.

Singkatnya arti battle royale adalah genre game yang mengharuskan pemainnya untuk bertahan hidup dengan cara bertarung dengan pemain lain secara online yang berada di satu server.

Kalau melihat perkembangan genre ini, hampir semuanya memiliki konsep serupa. Dimana saat permainan dimulai masing-masing pemain akan turun dari pesawat dan melengkapi diri dengan senjata, armor, tas, dan lain sebagainya.

Selain itu, pemain juga dibebaskan untuk mengeksplorasi area permainan hingga muncul lingkaran yang biasa disebut ‘zona’. Hingga akhirnya pemenang ditentukan berdasarkan siapa yang mampu bertahan paling akhir.

Kalau Anda ingin mencoba tantangan baru selain dua game yang disebutkan di awal, berikut rekomendasi game battle royale Android terbaru yang wajib Anda coba.

Daftar Game Battle Royale Android

1. Rules of Survival

Di awal kemunculannya, Rules of Survival hadir di perangkat PC dengan grafis yang cukup baik. Beberapa bulan kemudian, game ini hadir di Android dan iOS sekaligus mengukuhkan diri sebagai game battle royale pertama di smartphone.

Well, meskipun rating di Google Play cukup rendah, namun ada dua alasan kenapa Anda harus memainkan game ini.

Pertama, grafis yang disajikan sangat berbeda, mulai dari bangunan hingga arena permainan. Kedua, Anda akan bersaing dengan 120 atau 300 pemain (jauh lebih banyak dari game serupa) di map yang sangat luas.

Seperti halnya game battle royale lainnya, pemain bisa memilih ingin bermain solo, duo, atau squad. Tapi dari pengalaman serta ulasan yang ada, Rules of Survival lebih seru jika dimainkan bersama squad.

2. Cyber Hunter

cyber hunter

Cyber Hunter adalah game battle royal terbaru yang menyajikan gameplay berbeda dari game sebelumnya. Selain menembak dan mengeksplorasi, masing-masing karakter juga bisa mengeluarkan skill yang kurang lebih mirip Valorant dan Apex Legends.

Kamuflase, shield, dan pendeteksi musuh bisa Anda temui di game ini. Uniknya setiap pemain diizinkan untuk memilih skill sendiri sebagai bagian dari strategi untuk memenangkan permainan.

Secara keseluruhan, game buatan NetEase ini lebih menonjolkan sisi teknologi mulai dari kostum, senjata, hingga kendaraan. Melihat konsep yang ada, besar kemungkinan Cyber Hunter akan jadi salah satu game battle royale terbaik di masa depan.

3. Creative Destruction

creative destruction game battle royale terbaru

Selanjutnya ada Creative Destruction yang sering dianggap sebagai game battle royale mirip Fortnite, mulai dari konsep, desain karakter hingga arena permainan. Perbedaannya hanya pada ukuran game yang lebih ringan, sehingga bisa jadi pilihan bagi pengguna hp kentang.

Satu-satunya kekurangan Creative Destructon adalah minimnya peminat sehingga pemain harus menunggu lama saat melakukan matchmaking. Tapi selebihnya, game ini sangat bagus karena dibekali gameplay serta grafis yang mengagumkan.

4. Call of Duty: Mobile

Call of Duty yang sebelumnya sudah sangat populer di PlayStation dan PC kini hadir di Android dengan tampilan yang tak jauh berbeda. Sejak awal dirilis, game ini disebut-sebut lebih baik daripada PUBG Mobile di semua sisi.

Bahkan di tahun 2019, COD Mobile menggeser PUBGM dalam daftar game battle royale Android terbaik. Berbekal grafis serta fitur yang ada, tak heran banyak yang mengatakan Call of Duty: Mobile akan menjadi game terbaik sepanjang masa.

5. PUBG Mobile

Berawal dari kesuksesan di game PC dengan nama Playerunknown’s Battlegrounds, lalu mulai merambah game mobile, hingga sukses menjadi game battle royale nomor 1 di dunia. Yaps, perjalanan PUBG Mobile hingga saat ini patut diapresiasi.

Game ini akan memberikan pengalaman untuk bertahan hidup dan menjadi yang terakhir di antara 100 pemain lain. Sampai saat ini PUBGM sudah diunduh hampir 1 miliar pemain dari seluruh dunia.

Kelebihan PUBG Mobile dibandingkan Free Fire atau game sejenis lainnya adalah karakter pemain yang lebih menarik, tampilan grafis memukau, banyak pilihan senjata, dan map yang sangat luas.

6. Garena Free Fire

Meskipun banyak yang menganggap remeh, namun Free Fire bisa jadi alternatif kalau Anda mencari game battle royale Android ringan. Selain ukurannya yang cocok untuk hp low-end, Free Fire bisa jadi batu loncatan bagi gamer baru yang belum terbiasa memainkan game battle royale.

Apalagi saat ini Free Fire didukung Cristiano Ronaldo yang juga hadir sebagai karakter baru di game ini. Secara keseluruhan, game besutan Garena ini masih worth it untuk dimainkan terlepas dari kekurangan yang sebenarnya masih tergolong wajar.

7. Fortnite Mobile

Jangan cari game Fortnite di Google Play, karena hasilnya sudah pasti nihil. Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu alasan di balik hilangnya nama Fortnite di Google Play (juga di Apple Store). Terlebih beberapa waktu yang lalu sempat trending hashtag #FreeFortnite.

Semua pecinta gaming pasti setuju kalau Fortnite termasuk salah satu game battle royale Android terbaik, namun sangat disayangkan game ini kehilangan banyak penggemar.

Meskipun game-nya masih bisa diunduh via website Epic Games, tapi tetap saja sebagian besar masyarakat lebih memilih game yang ada di Playstore.

Bisa dibilang Fortnite adalah pelopor game battle royale anti-mainstream. Karena selain berperang, pemain juga bisa mengumpulkan resource dan membentengi diri dengan membuat bangunan layaknya Minecraft.

8. Apex Legends Mobile

apex legends mobile

Meskipun belum tersedia versi mobile, namun Apex Legends masuk daftar game 2021 yang akan rilis di tahun depan. Melihat perkembangan versi PC-nya, besar kemungkinan game ini akan menjadi salah satu game battle royale Android terpopuler di tahun 2021.

Kalau dibandingkan dengan game serupa, Apex Legends jauh lebih rumit. Mulai dari persenjataan hingga penggunaan skill, semuanya dibuat sangat ‘ramai’ dan terkadang menghasilkan adrenalin yang tak bisa dirasakan di PUBG atau COD.

Download Apex Legends Mobile

Itulah beberapa rekomendasi game battle royale Android terbaik yang dapat Anda mainkan sendirian maupun bersama teman. Daftar di atas merupakan pilihan terbaik dari banyaknya game battle royale yang ada di Google Play.

Kalau bingung game mana yang harus dicoba pertama, Anda bisa memainkan Call of Duty: Mobile, lalu Rules of Survival, dan terakhir Creative Destruction. Meskipun sama-sama bertemakan battle royale, namun ketiganya menghadirkan konsep yang berbeda.

Leave a Comment