7 Game Indie Android Terbaru dengan Rating Paling Tinggi 2021

Selain musik, indie juga merambah dunia game, tentu saja tanpa senja dan tote bag. Mungkin game indie belum sepopuler game AAA (Triple A) yang dibuat developer besar, tapi bukan berarti kualitasnya jelek, ada juga game indie Android yang bagus.

Salah satu game populer yang sempat menjadi bagian dari jenis game ini adalah Minecraft. Yaps, sebelum diakuisisi oleh Microsoft, Minecraft termasuk game indie yang dikembangkan oleh Markus Persson atau yang biasa dikenal sebagai Notch.

Sebelum mengulik apa saja daftar game indie terpopuler di Android, ada baiknya kami jelaskan sedikit apa itu game indie dan perbedaannya dengan game AAA.

Apa Itu Game Indie?

Secara harfiah game indie adalah game yang dikembangkan oleh perorangan atau tim dengan skala yang lebih kecil. Selain itu, biasanya budget yang dialokasikan juga sangat terbatas.

Tapi, istilah game indie juga mengacu pada kebebasan berekspresi dari pengembang game meskipun didukung dana dari investor atau penerbit. Jadi, kurang lebih sama dengan pengertian yang dipakai untuk istilah indie pada musik.

Lalu apa perbedaan game indie dan game AAA? Seperti ulasan di awal, game AAA adalah game yang dikembangkan oleh developer besar dengan anggaran yang dapat disesuaikan dengan kerumitan game yang dibuat.

Selain itu, game AAA didukung marketing yang cukup masif, misalnya pemasangan iklan di berbagai platform media sosial. Berbeda dari game indie yang biasanya diperkenalkan dari mulut ke mulut atau melalui forum game.

Daftar Game Indie Android Terbaru

1. Lucid Dream Adventure

Lucid Dream Adventure adalah salah satu game indie terbaik di Android yang wajib Anda coba. Game yang diterbitkan oleh Dali Games ini pernah meraih penghargaan dalam kategori best indie game di Google Play.

Sesuai namanya, Lucid Dream Adventure bertemakan petualangan dengan konsep teka-teki. Di dalam game Anda akan berperan sebagai gadis kecil bernama Lucy yang harus berjuang untuk menyelamatkan ibunya dari penyakit.

Selain alur cerita yang mengharukan, grafis yang disajikan juga cukup baik. Untuk gameplay-nya, Anda harus mencari jamur ajaib dengan cara melewati ragam rintangan serta makhluk mengerikan.

2. Monument Valley 2

Monument Valley 2 memang bukan game indie Android terbaru, tapi game ini memenuhi kriteria game yang wajib dimainkan, setidaknya sekali seumur hidup. Pertama, storyline yang sangat menarik. Kedua, grafis terbaik untuk sekelas game tanpa anggaran besar.

Di game ini Anda akan berperan sebagai ibu dan anak untuk melewati bangunan dengan tingkat kesulitan yang beragam. Anda harus menemukan jalan yang tepat untuk menyelesaikan setiap level.

Secara keseluruhan Monument Valley 2 termasuk game yang simple, namun penuh tantangan. Apalagi dengan adanya backsound yang sangat menyentuh, cocok bagi Anda yang ingin memainkan game ringan.

3. Deep Town: Mining Factory

Dengan rating 4,6 rasanya Deep Town pantas masuk jajaran game indie terbaik di Android. Selain itu, rata-rata pengguna memberikan ulasan yang sangat positif. Misalnya gameplay yang berbeda dari game sejenis, hingga banyaknya event menantang.

Misi utama dari Deep Town: Mining Factory adalah Anda diharuskan membangun peradaban kota dengan cara mencari beragam resource yang tertimbun di dalam tanah. Untuk meningkatkan kenyamanan dalam bermain, Deep Town memiliki opsi online dan offline.

4. Egg, Inc.

Di dalam daftar game indie Android terbaik selanjutnya ada Egg, Inc. Game bertemakan simulasi ini sangat cocok dimainkan untuk mengisi waktu luang karena sangat simple dan ringan. Anda hanya perlu mengetuk layar smartphone untuk menyelesaikan quest.

Sesuai namanya, di game ini Anda diharuskan membangun peternakan ayam petelur untuk memenuhi pesanan dari pelanggan di seluruh dunia.

Kurang lebih game ini mirip Farmville tapi khusus menceritakan tentang telur ayam. Di awal permainan Anda harus menyusun strategi yang baik agar ke depannya peternakan semakin berkembang.

5. Badland

badlan best game indie

Di tahun 2013 Badland terpilih sebagai best game indie dalam ajang PAX Awards. Jadi bisa dipastikan kalau game ini layak dimainkan. Genre yang dihadirkan Badland adalah petualangan dengan konsep survival.

Adapun fitur dalam game ini adalah mode co-op, multiplayer, hingga mode solo yang memiliki lebih dari 100 level. Di samping grafis dan gameplay-nya, Badland dibekali audio yang membuat pemainnya hanyut dalam dunia virtual yang sangat menantang.

Meskipun terlihat simple, namun Badland mendapatkan rating serta ulasan yang cukup baik di Google Play.

6. Magic Rampage

Magic Rampage termasuk salah satu game indie RPG di Android yang tak kalah bagus dengan game RPG dari developer ternama. Game ini dibekali beragam karakter yang dapat dikustom serta lebih dari puluhan senjata mulai dari pisau hingga tongkat ajaib.

Kalau melihat tampilannya, game ini memiliki gaya klasik dengan grafis 16-bit. Meski begitu, gameplay yang dihadirkan Magic Rampage cukup menarik, sehingga membuat pemainnya ketagihan dan ingin menyelesaikan semua misi yang ada.

7. Sky: Children of the Light

Sky melengkapi game 2021 berjenis indie pada daftar ini. Berbeda dari game indie Android lainnya, Sky menghadirkan permainan yang lebih intens dengan banyak tantangan seru. Selain itu, kelebihan game ini adalah grafisnya yang sangat bagus.

Di game Sky Anda tak akan mejumpai aksi tembak-tembakan, melainkan berteman dengan pemain lain dan menjelajahi indahnya dunia virtual. Uniknya, meskipun termasuk game online, tidak banyak kuota yang dibutuhkan untuk bermain game ini selama berjam-jam.

Misi utama Sky: Children of the Light adalah membebaskan roh-roh yang terperangkap dan mendapatkan reward berupa cahaya sebagai tanda terima kasih. Anda juga bisa berbagi cahaya dengan pemain lain sebagai tanda persahabatan.

Kesimpulan

Mengingat jenis game ini belum terlalu populer di Indonesia, ini bisa jadi alternatif kalau ingin memainkan game anti-mainstream. Kalau melihat perkembangan game indie, sebagian besar memang bertemakan petualangan dengan sentuhan storylane yang mengharukan.

Demikian deretan game indie Android terbaik yang rating-nya paling tinggi di Google Play. Jika sebelumnya Anda belum pernah mencoba game indie, tak ada salahnya mencoba semua daftar di atas. Selamat bermain!

Leave a Comment