Download Macromedia Flash 8 Gratis

Macromedia Flash adalah software yang digunakan untuk membantu kegiatan desain dan juga membangun perangkat presentasi, publikasi atau berbagai macam aplikasi lainnya yang memerlukan ketersediaan sarana interaksi dengan pengguna di dalamnya. Proyek yang dibangun dengan bantuan aplikasi Macromedia Flash ini bisa terdiri dari gambar, teks, animasi sederhana, video dan juga efek-efek khusus lainnya.

Macromedia Flash 8 merupakan aplikasi yang dibuat oleh Macromedia Corporation, suatu perusahaan pengembang perangkat lunak dalam bidang animasi, pengembangan sistem website dan juga multimedia. Flash ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 1996 silam dan pada awalnya hanya menjadi aplikasi animasi gif sederhana, namun sekarang sudah mulai berkembang menjadi aplikasi populer yang digunakan oleh hampir semua orang yang berada di dalam bidang desain dan juga animasi yang berbasis komputer.

Hingga saat ini Macromedia Flash sudah dikembangkan hingga generasi Macromedia Flash 8 atau yang lebih dikenal dengan aplikasi Macromedia Flash Professional 8. Aplikasi ini adalah aplikasi yang interaktif dengan berbagai macam kelebihan. Beberapa faktor yang mendukung adanya kepopuleran dari flash adalah suatu aplikasi untuk keperluan desain dan juga animasi antara lain mempunyai format grafis berbasis vektor, mempunyai kemampuan yang tinggi untuk mengatur interaktivitas program, kapasitas file yang dihasilkan kecil, mempunyai kelengkapan fasilitas yang bisa menunjang kegiatan desain dan juga sebagainya.

Kelebihan Macromedia Flash 8

Macromedia Flash 8 merupakan suatu program animasi dan grafis yang memang keberadaanya ini ditujukan untuk pecinta animasi dan desain agar bisa berkreasi dalam membuat animasi web yang interaktif, presentasi bisnis dan kegiatan, film animasi kartun, company profile dan juga game flash yang menarik. Oleh sebab itu maka program Macromedia Flash 8 ini disediakan dengan berbagai fasilitas dan juga kemampuan penunjang lainnya yang bisa berfungsi untuk sarana dalam berkreasi guna melahirkan ide-ide yang tersimpan dalam pikiran kita.

  1. Mudah dipahami dan belajar bahkan oleh seorang pemula yang masih awam sekalipun dalam dunia desain dan animasi. Tanpa dibekali dengan dasar pengetahuan yang tinggi tentang bidang animasi dan desain, seorang pemula pun bisa menggunakan Macromedia Flash 8 ini dengan mudahnya.
  2. Pengguna Macromedia Flash 8 bisa dengan mudah dan bebas untuk berkreasi membuat animasi dengan berbagai gerakan yang luwes dan bebas sesuai dengan alur dari adegan animasi yang ingin dibuat.
  3. Macromedia Flash bisa menghasilkan file dengan hasil keluaran ukuran yang kecil, hal ini karena Macromedia Flash 8 menggunakan animasi yang berbasis vektor dengan alur dengan animasi yang kita inginkan. Dengan ukuran file flash yang kecil tentu saja kita tidak memerlukan waktu loading yang lama untuk membuka halaman website flash tersebut.
  4. Menghasilkan file keluaran dengan ekstensi .FLA yang bersifat fleksibel. Fleksibel disini artinya bisa dikonversi menjadi file berekstensi lainnya seperti .jpg, .gif, .html, .swf, .png, .mov dan .ece. Hal ini tentu saja memungkinkan para pengguna bisa digunakan untuk berbagai keperluan lainnya yang diinginkan.

Kekurangan Macromedia Flash 8

Jika ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Pada Macromedia Flash 8 ini memiliki beberapa kekurangan yang bisa menjadi hambatan dalam melakukan produksi. Tentu saja kekurangan pada aplikasi ini tidak akan terlalu berpengaruh jika anda menggunakannya untuk produksi sekala kecil.

  1. Fitur kurang lengkap untuk masa sekarang. Kita tahu aplikasi pengolahan gambar, animasi dan sejenisnya sekarang telah memiliki banyak fitur yang berguna untuk kemudahan pengguna. Tapi dikarenakan aplikasi ini sebelumnya di jual untuk perusahaan Adobe Systems, dan diganti dengan yang baru bernama Adobe Flash, maka fitur tidak selengkap adobe flash.
  2. Tampilan terlalu sederhana. Memang, tampilan yang sederhana sebenarnya bagus untuk pemula, dikarenakan mudahnya navigasi dan pemilihan tools/alat, tapi tampilan pada aplikasi lainnya yang serupa memiliki tampilan yang lebih modern dengan pemilihan tools yang banyak berupa dropdown sehingga lebih mempermudah pemula dan professional sekalipun.
  3. Pemberian efek yang terbatas. Jika anda sedang memproduksi animasi dengan efek yang banyak, mungkin aplikasi ini tidak cocok untuk anda, dikarenakan tools yang disediakan tidak terlalu lengkap untuk efek.

Spesifikasi Macromedia Flash 8

System Requiments

  • Sistem Operasi Windows Xp, Windows 2000, Windows 7, Windows 8, Windows 10, Apple Mac OS X 10.3.
  • Processor Pentium III, PowerPC G3
  • Ram minimal 256 MB
  • Processor Speed 600Hz, 800Hz
  • Minimal free space 710MB

Download Macromedia Flash 8

Ukuran110 MB
LisensiFreeware
Update terakhir10 September 2020
Link DownloadGoogle Drive
Informasi Link Download Macromedia Flash 8

Kesimpulan

Macromedia 8 merupakan aplikasi pengolahan gambar semacam Adobe flash, photoshop, wick editor, dan lain sebagainya yang lebih berfokus ke animasi. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk pemula yang baru belajar dalam hal animasi. Tampilan yang sederhana dan mudah untuk dpahami dapat membuat pemula cepat mengerti mengenai penggunaan Macromedia 8.

Jika anda adalah pemula yang sedang ingin belajar membuat animasi, aplikasi ini sangat cocok untuk anda. Tapi jika anda adalah seorang professional aplikasi ini tidak cocok dikarenakan tools/alatnya yang sedikit dan kurang lengkap.

Leave a Comment