Candi Borobudur merupakan salah satu candi yang bisa ditemukan di Indonesia. Candi ini berada di Magelang Jawa Tengah dan merupakan salah satu keajaiban dunia yang berasal dari Indonesia. Tidak heran jika Candi ini sudah banyak dikenal oleh wisatawan lokal dan juga mancanegara.

Luas Candi Borobudur sendiri mencapai 2500 meter persegi kemudian untuk panjangnya 121,66 meter, dengan lebar 121,38 dan tinggi 35,40 meter. Jika dilihat dari ukuran tersebut tentu bisa dikatakan bahwa Candi Borobudur kini memiliki skala yang besar dan keberadaannya sudah begitu populer. Untuk mengenal lebih dekat mengenai Candi Borobudur, simak selengkapnya di bawah ini.

Sejarah

Hal pertama yang bisa dibahas dari Candi Borobudur adalah tentang sejarahnya. Candi yang begitu legendaris ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 atau sekitar 750-an Masehi. Pada masa itu sedang berada di masa pemerintahan Dinasti Syailendra.

Sementara untuk pembangunan yang sendiri diperkirakan mencapai 75 tahun sehingga rampung pada masa pemerintahan raja Samaratungga. Keberadaan Candi Borobudur sendiri bisa ditemukan di atas bukit nan hijau serta asri. Bangunan candi Borobudur ini terbuat dari jutaan blok kayu dan adanya relief.

Penemuan Candi Borobudur

Dalam sejarahnya, Candi Borobudur ini sempat tertimbun oleh debu vulkanik akibat erupsi gunung merapi Dahsyat sekitar tahun 1006. Candi Borobudur diperkirakan tertimbun Selama ratusan tahun dan setelah beberapa abad akhirnya ditemukan oleh seorang insinyur Belanda yaitu hermanus Christian Cornelius tepatnya pada tahun 1814.

Pada masa tersebut pula Kerajaan Inggris yang diwakili Thomas Stamford Raffles sedang menduduki beberapa bagian di Pulau Jawa termasuk Jawa Tengah. Sesudah Indonesia merdeka, di akhir tahun 60-an pemerintah kemudian bekerjasama dengan UNESCO guna merenovasi Candi Borobudur. Proses renovasi ini berjalan selama bertahun-tahun hingga akhirnya pada tahun 1991 ditetapkan sebagai situs warisan dunia.

Destinasi Menarik di Sekitar Candi Borobudur

Di sekitar Candi Borobudur, para pengunjung yang datang juga bisa menikmati beragam objek wisata. Salah satunya adalah objek wisata yang bisa mengedukasi seperti museum. Ada 3 museum yang tersedia yaitu museum Borobudur, museum Samudra raksasa dan museum MURI.

Bagi para pengunjung yang ingin melihat pemandangan secara lebih luas dari kejauhan maka bisa memilih untuk melihatnya dari punthuk Setumbu yang ada di bagian Barat candi. Lokasi ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk melihat matahari terbit dan juga terbenam. Tentunya destinasi yang ditawarkan tidak kalah menarik dari tempat wisata Danau Toba.

Kuliner Khas di sekitar Candi Borobudur

Tidak hanya keindahan pemandangan berbagai tempat wisata yang bisa dinikmati di Candi Borobudur tetapi juga kuliner khas yang ada di sekitarnya. Beberapa kuliner khas yang bisa ditemukan seperti ndas beong, kupat tahu, godok, sop senerek, nasi lesah, tempe mendoan tahu bacem dan berbagai makanan lainnya yang tentunya tidak kalah nikmat. Semuanya tentu siap menggoyang lidah para pengunjung yang datang dan ingin mengisi perut.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.