Beberapa tahun terakhir ini, sebagian besar dari kalian tentu sering kan mendengar dan mengucapkan berbagai nama bisnis startup di Indonesia?

Berbagai perusahaan startup tersebut lewat berbagai penawarannya yang memudahkan mampu mengubah gaya hidup masyarakat. Karena jumlah penggunanya yang hingga jutaan orang, maka berbagai keuntungan yang akan mereka dapatkan juga banyak.

Startup adalah bisnis yang sedang mengalami perkembangan. Nah, dibawah ini akan dijelaskan tentang pengertian startup beserta perkembangannya di Indonesia dan berbagai faktor yang mempengaruhi perkembangannya:

  1. Pengertian Startup

Secara etimologi, startup bisa diartikan sebagai sebuah istilah serapan dari Bahasa Inggris yang memiliki arti suatu proses ataupun tindakan dalam memulai sesuatu.

Namun, apabila dikaitkan dengan usaha bisnis, sebagaimana mengutip dari laman Wikipedia, startup diartikan suatu perusahaan rintisan yang belum lama bergerak. Karena baru mulai beroperasi dan bergerak, maka startup masih dalam proses pengembangan dan penelitian yang nantinya akan menentukan pangsa pasar yang sesuai.

Namun jika ditelusuri dalam sejarah perkembangannya, bisnis startup justru identik dengan perusahaan – perusahaan yang berkaitan dengan teknologi, website, dan internet. Hal itu dikarenakan bisnis startup baru mulai terkenal secara meluas dan mendunia usai kehadiran buble dot-com.

Buble dot-com sendiri merujuk pada suatu era mulai dari tahun 1998 hingga 2000-an, dimana pada saat itu ada banyak sekali perusahaan yang berlomba – lomba membuat website perusahaannya sendiri. Fenomena tersebut kemudian membuat masyarakat dunia mengenal internet sebagai suatu ‘lahan basah’ dalam berbisnis.

Selain perusahaan – perusahaan lama, perusahaan yang baru dirintis juga kala itu kerap disebut sebagai perusahaan startup. Padahal, sejatinya bisnis startup tidak melulu harus dikaitkan dengan perusahaan yang berbasis internet dan teknologi saja. Karena perusahaan startup juga bisa dikaitkan dengan perusahaan baru maupun perusahaan lain yang memperkenalkan barang ataupun jasanya tanpa bantuan koperasi besar.

  1. Perkembangan startup di Indonesia

Kesuksesan perusahaan – perusahaan startup besar di Indonesia menjadi suatu penggerak utama popularitas bisnis startup di tanah air. Bahkan pemilik bisnis startup di Indonesia selalu bertambah tiap tahunnya. Mengutip dari laman DailySocial disebutkan bahwa pemilik perusahaan startup lokal di Indonesia saat ini tembus hingga 1500. Kenapa jumlahnya bisa banyak sekali? Sebab, pengguna internet di tanah air terus meningkat setiap harinya.

Pada 2013 lalu saja tercatat ada sekitar 70 juta orang dengan jumlah penduduk yang terdata lebih dari 200 juta jiwa di Indonesia yang menggunakan internet. Oleh sebab itulah bisa dipastikan bahwa penggunaan internet di tanah air bisa semakin banyak lagi, sehingga bisa menjadi potensi bisnis startup yang sangat menjanjikan.

Kemudian bisnis startup juga dikategorikan menjadi tiga kelompok besar, yakni startup yang membuat game, pendidikan, dan perdagangan. Bisnis startup yang termasuk dalam kategori pembuat game, pendidikan, dan informasi diklaim berpotensi memiliki masa depan cukup menjanjikan karena peminatnya banyak dan proses produksinya juga relatif lebih mudah. Selain itu, target pasarnya juga sangat luas karena pengguna smartphone di Indonesia banyak sekali.

Sementara bisnis startup yang termasuk dalam kategori perdagangan atau e-commerce atau marketplace tidak begitu menjanjikan karena masih minimnya penggunaan kartu kredit di Indonesia. Meski demikian, dengan adanya pilihan metode pembayaran digital membuat potensi bisnis startup model ini menjadi sangat luas.

Namun perlu diingat, tidak semua bisnis startup bisa memiliki hasil akhir memuaskan. Karena kenyataannya hampir semua perusahaan startup di Indonesia itu gagal. Namun dari kegagalan tersebut, para pemiliki perusahaan akan mendapatkan ilmu baru yang mampu meningkatkan pengetahuan mereka tentang berbisnis. Karena sejatinya dalam membangun bisnis startup memang harus diawali dengan proses trial & error. Hanya pengusaha yang mau belajar dan terus bersemangat saja yang akan mampu membawa perusahaannya menjadi perusahaan startup besar dan sukses.

  1. Berbagai Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bisnis startup

Sebenarnya, bukan tanpa sebab kenapa berbagai bisnis startup di tanah air bisa berkembang pesat dan sukses. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan startup di Indonesia, yaitu :

  • Perkembangan Teknologi Yang Pesat

Faktor pertama yang membuat bisnis startup menjadi laris manis di Indonesia adalah karena perkembangan teknologi yang makin pesat. Apalagi, masyarakat Indonesia juga saat ini sudah semakin terbuka dengan kehadiran teknologi baru. Hal itu bisa dibuktikan dari jumlah pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

  • Banyaknya Penduduk di Indonesia

Pada tahun 2017, jumlah penduduk di Indonesia tercatat tembus hingga angka 264 juta jiwa. Jumlah tersebut bahkan lebih besar dari negara maju seperti Jepang. Meski Indonesia masih dinilai sebagai negara berkembang, namun dengan jumlah penduduk yang sebanyak itu bisa menjadi sasaran empuk untuk melakukan berbagai bisnis, termasuk startup.

Hal itu pula yang akhirnya membuat perusahaan – perusahaan startup besar di tanah air bertransformasi menjadi perusahaan besar. Sehingga, jika Anda mampu mengenali kebutuhan masyarakat dan mampu menawarkan solusi terbaik untuk mereka, maka perusahaan startup milik Anda berpotensi tinggi akan sukses dan besar.

  • Pelayanan Bisnis startup Lebih Memuaskan

Faktor selanjutnya yang membuat berbagai bisnis startup di Indonesia semakin berkembang pesat adalah karena pelayanannya yang sangat baik. Perusahaan startup yang identik dengan teknologi akan melakukan berbagai bentuk kegiatannya secara online. Hal itulah yang akhirnya membuat masyarakat menilai bisnis startup jauh lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan.

  • Pihak Investor dan Pemerintah yang Saling Dukung

Faktor terakhir yang membuat bisnis startup di Indonesia berkembang pesat adalah karena para investor dan pemerintah yang selalu saling dukung. Hal itu terbukti dari adanya kampanye Gerakan Nasional 1000 startup digital yang pernah diselenggarakan pemerintah.

Selain itu, di berbagai kota juga para komunitas startup selalu gencar menyelenggarakan diskusi untuk mencari SEO startup yang baru. Kondisi tersebut sudah sesuai dengan keinginan pemerintah pusat untuk mendeklarasikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia.

 

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *