Minecraft Earth, Next Gen Minecraft Mirip Pokemon GO

NamaMinecraft Earth (Early Access)
Jumlah Install5.000.000
Ukuran64 MB
Link DownloadGoogle Playstore
Informasi Minecraft Earth

Siapa yang tak kenal dengan game Minecraft? Yaps, game yang mengandalkan grafik pixel ini sukses menjadi salah satu game populer di seluruh dunia. Namun, seakan tak puas dengan pencapaiannya, baru-baru ini Mojang membuat versi lain dari Minecraft dengan judul Minecraft Earth.

Dari segi tampilan sekilas tak ada yang berbeda dari keduanya. Pemain tetap akan disuguhkan dengan karakter dan segala hal yang ada di Minecraft. Hanya saja perbedaan terlihat dari gameplay-nya yang mengandalkan AR atau Augmented Reality.

Teknologi AR sendiri sebelumnya sudah pernah digunakan di game The Walking Dead: Our World atau Pokemon GO. Game yang menggabungkan dunia maya dan dunia nyata, lalu menampilkan benda yang ada di dalam game ke dunia nyata melalui kamera smartphone.

Minecraft Earth adalah game gratis yang rilis pada 11 Desember 2019 dalam versi early access, kamu bisa mengunduhnya di Google Play atau App Store. Karena masih belum stabil, next generation Minecraft ini masih perlu perbaikan di beberapa bagian.

Seperti game AR lainnya, Minecraft Earth menuntut pemainnya untuk bergerak aktif menjelajahi lingkungan sekitar layaknya Pokemon GO. Di game ini pemain bisa mengumpulkan item, membangun rumah, dan menjalankan misi untuk bisa naik level.

Gameplay Minecraft Earth, Next Gen Minecraft

Minecraft Earth Gameplay
Minecraft Earth Gameplay

Bicara soal gameplay, Minecraft Earth sangat erat kaitannya dengan mengumpulkan item-item dengan cara menyentuh objek yang terlihat pada map. Objek tersebut bisa berupa tanah, batu, babi, sapi, ayam, ataupun pohon.

Setiap item yang dikumpulkan akan masuk ke dalam inventory, dan kamu bisa membuat apa saja dengan meletakkan item tersebut ke Buildplate.

Meskipun tidak sama persis dengan Minecraft, namun kurang lebih caranya hampir sama. Sayangnya, membuat craft atau kerajinan di Minecraft Earth membutuhkan waktu yang lumayan lama. Bagi pemain yang tidak sabaran, tentunya ini sangat membosankan.

Di samping itu, membangun sesuatu di Minecraft terbaru ini juga sangat mudah. Pertama kamu tinggal meletakkan Buildplate ke tanah dan mulai bangun apapun yang kamu suka.

Meskipun bisa menggunakan ruby dan minecoins, tapi cara ini tidak disarankan mengingat di Minecraft Earth ruby dan minecoins adalah benda yang sangat sulit didapatkan.

Tetapi, karena game ini termasuk in-app purchases, kalau ingin membangun sesuatu yang anti-mainstream dengan cepat, kamu harus membeli rubi dulu dengan harga termurah $2 per 40 rubiy.

Kalau tak ingin mengeluarkan uang, kamu tetap bisa mendapatkan ruby dengan mencarinya di beberapa tempat atau memainkan mode Adventures.

Nah, bagian paling menarik di Minecraft Earth ini adalah kamu bisa membangun apa saja dan di mana saja, bahkan di meja makan atau di dalam mobil sekalipun. Selain itu, kamu bisa bergabung dengan pemain lain untuk membuat bangunan yang lebih besar.

Fitur Adventures di Minecraft Earth

Minecraft Earth Adventures
Minecraft Earth Adventures

Sama seperti fitur Raid dan Gym yang ada di Pokemon GO, Minecraft Earth juga menghadirkan fitur Adventures. Kamu bisa memainkan fitur ini jika ingin mendapatkan item-item langka, termasuk makhluk langka yang tidak dapat ditemui dalam mode normal.

Untuk dapat memainkan Adventures, kamu tinggal mencari cahaya yang membentang ke atas langit layaknya Thor saat turun ke Wakanda. Setelah ketemu, kamu bisa langsung masuk ke dalam dan mulai menjelajahinya untuk mencari sesuatu yang dibutuhkan.

Berbeda dari Pokemon GO yang sudah menggunakan Open Street Maps, game besutan Mojang ini masih mengandalkan sistem acak. Sehingga lokasi yang terlihat di map tidak sesuai dengan yang ada di kehidupan nyata.

Selain itu, Minecraft Earth juga tidak menghadirkan tempat-tempat populer seperti perkantoran, patung, ataupun gedung pemerintahan. Namun, mengingat game ini masih dalam tahap pengembangan, mungkin saat full access resmi dirilis kekurangannya sudah diperbaiki.

Perbandingan Minecraft dan Minecraft Earth

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perbedaan Minecraft biasa dan Minecraft Earth yang paling terlihat ada pada gameplay-nya. Selain itu hampir semuanya tidak ada yang berbeda, bahkan Skeleton dan Zombie juga sama saja, masih suka bikin jumpscare.

Perbedaan gameplay inilah yang membuat Minecraft Augmented Reality ini diklaim akan menjadi game AR paling populer melangkahi Pokemon GO. Namun, selain dua hal itu, ada sedikit perbedaan yang mungkin tidak terlalu mencolok.

1. Pencurian Item

Di samping itu, perbedaan keduanya ada pada masalah pencurian item. Kalau di Minecraft biasa pemain lain bisa leluasa mencuri item kita, kalau di Minecraft Earth hal itu sulit terjadi. Pasalnya hanya orang-orang yang di-invite saja yang bisa mengakses Buildplate kamu.

2. Bisa Building bareng Teman

Di Minecraft Earth kamu bisa mengundang teman dan membuat bangunan bersama-sama, tetapi harus di ruangan yang sama juga. Kalau kamu di Indonesia sedangkan teman kamu di China sudah pasti tidak bisa. Selain kejauhan, China juga termasuk negara yang melarang game ini.

3. Free to Play alias Gratis

Berbeda dari Minecraft yang berbayar, Minecraft Earth bisa kamu download secara gratis di Google Play atau App Store. Meskipun untuk bisa mendapatkan item keren harus mengeluarkan uang, tapi untuk pemain pemula dengan banyaknya fitur gratis game ini sudah sangat seru.

4. Upload Skin

Kalau di Minecraft kamu bisa mengunggah skin sendiri, di Minecraft terbaru hal itu tidak bisa dilakukan lagi. Mojang selaku developer memastikan bahwa fitur upload skin tidak tersedia untuk game AR pertama mereka ini.

Secara keseluruhan, gameplay yang disajikan Minecraft Earth cukup bagus. Game ini bisa jadi alternatif di tengah menjamurnya game bertemakan MMORPG atau battle royale di Android. Apalagi dengan teknologi AR yang diklaim lebih baik dari game sejenis lainnya.

Bila kamu ingin memainkan game Augmanted Reality yang berbeda dan lebih seru, Minecraft Earth bisa jadi game yang wajib kamu mainkan. Game ini dipoles sedemikian rupa dengan inovasi terbaru yang dijamin bisa memberikan rasa nyaman kepada penonton dan pemainnya.

Leave a Comment