cara mengatasi gigi ngilu

Gigi ngilu menyebabkan rasa yang tidak nyaman saat mengkonsumsi apapun. Inilah kenapa jika merasakan gigi ngilu penting sekali untuk mengetahui apa penyebabnya. Jadi, setelah mengetahui apa saja penyebabnya tentu lebih mudah untuk menerapkan cara mengatasi gigi ngilu.

3 Penyebab Gigi Ngilu Paling Umum

Gigi ngilu bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti halnya mengkonsumsi makanan tertentu secara berlebihan. Selain itu, gigi ngilu juga bisa disebabkan karena beberapa faktor umum seperti berikut ini.

  1. Tidak Hati-hati Saat Gosok Gigi

Tidak hati-hati saat menggosok gigi juga menjadi salah satu penyebab gigi ngilu tidak tertahankan. Misalnya saja dengan menggosok gigi terlalu keras dan kasar, tentunya dapat menyebabkan kerusakan pada gusi gigi.

Selain itu, penting juga untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu halus agar tidak melukai area gigi. Begitu sebaliknya, jika memilih bulu sikat gigi yang terlalu kasar dapat menyebabkan gusi terluka dan menyebabkan ngilu.

  1. Mengkonsumsi Makanan Tertentu

Mengkonsumsi makanan tertentu secara berlebihan juga menjadi salah satu penyebab gigi ngilu. Misalnya saja terlalu banyak mengkonsumsi makanan dingin seperti es krim. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau asam juga bisa memicu gigi ngilu.

Sedangkan cara untuk mengatasinya yaitu menghindari makanan tersebut secara berlebihan. Bahkan, jika memang mengharuskan untuk mengkonsumsi makanan tersebut tetap perhatikan jumlahnya.

  1. Plak Menumpuk

Penyebab lain gigi ngilu yaitu menumpuknya plak. Perlu diketahui jika semakin banyak plak yang menumpuk pada gigi dapat menyebabkan lapisan enamel gigi semakin hilang. Jadi, hal tersebut dapat menyebabkan gigi ngilu.

Maka dari itu sangat disarankan untuk menggosok gigi setelah makan. Tersebut dilakukan dengan tujuan agar penumpukan plak yang berasal dari sisa makanan tidak terjadi.

5 Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Mengatasi gigi ngilu sebenarnya mudah untuk dilakukan, namun sebelum itu penting untuk mengetahui apa saja penyebabnya. Mengingat cara mengatasi gigi ngilu juga tergantung dari penyebabnya. Selengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan.

  1. Gosok Gigi dengan Tepat

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi ngilu yaitu menggosoknya secara perlahan dan tepat. Maksud dari menggosok gigi dengan tepat yaitu dilakukan secara teratur dan gerakan yang benar.

Selain itu, penting juga untuk menggosok gigi secara perlahan agar semua sisa makanan yang terselip pada gigi bisa terangkat. Tak hanya itu, pastikan juga jika menggosok gigi bagian depan dengan cara naik turun dan bagian belakang dengan cara memutar.

  1. Gunakan Pasta Gigi Khusus

Cara mengatasi gigi yang ngilu selanjutnya yaitu menggunakan pasta gigi khusus. Perlu diketahui jika setiap orang mempunyai kondisi gigi yang berbeda. Bahkan, ada beberapa orang yang memang mempunyai gigi sensitif sehingga harus menggunakan pasta gigi khusus dengan kandungan fluorida.

Perlu diketahui jika kandungan tersebut sangatlah berperan penting untuk menghalangi rasa ngilu dan tubulus kecil di dentin Sedangkan untuk mencari pasta gigi yang seperti ini bisa membelinya di apotek atau toko lain.

  1. Berhenti Konsumsi Makanan Asam

Selanjutnya yang bisa diterapkan untuk mengatasi gigi ngilu yaitu berhenti mengkonsumsi makanan asam. Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika makanan asam jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan kan tipisnya lapisan enamel.

Jadi, hal tersebut dapat menyebabkan gigi lebih sensitif dan mudah merasa ngilu saat mengkonsumsi makanan asam, panas maupun dingin. Mulai saat ini, segera hindari kebiasaan mengkonsumsi beberapa makanan tersebut.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi ngilu. Namun, sebelum menerapkan beberapa cara tersebut alangkah baiknya jika mengetahui apa saja penyebabnya agar penanganannya bisa lebih tepat.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.