Sky: Children of the Light Game Mirip Genshin Impact Untuk Android

Nama GameSky: Children of the Light
Ukuran780 MB
Jumlah Download389.000
GenreAdventure, RPG, Action, Fantasy, Open World
Link DownloadGoogle Play, Direct Download
Informasi Sky: Children of the Light

Di tahun ini banyak gamer yang tergila-gila dengan Genshin Impact dalam dunia mobile gaming. Sampai lupa kalau di tahun 2020 ada game yang tak kalah serunya. Yaps, judulnya Sky: Children of the Light atau Bocah Petromaks kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Sky: Children of the Light atau disingkat Sky adalah game bertemakan RPG open world yang dikembangkan oleh thatgamecompany. Game ini rilis terlebih dahulu di iOS, kemudian menyusul di Android setahun setelahnya.

Meskipun versi PC-nya juga tersedia, tapi kami sarankan main yang versi mobile-nya saja. Dijamin, kamu akan merasakan pengalaman bermain game mobile yang berbeda. Kamu akan menikmati setiap detail grafis yang dipadukan dengan musik dramatis nan melankolis.

Sky: Children of the Light, Bukan Game Open World Biasa

Dikisahkan ada seorang anak berwujud layaknya manusia biasa, tapi dengan tubuh yang bercahaya. Karakter yang kamu mainkan nantinya tidak punya nama, tapi kamu bisa menamai karakter yang ditemui sepanjang permainan.

Uniknya, nama-nama tersebut hanya bisa dilihat oleh kamu seorang. Meskipun ada fitur multiplayer tapi kalian tidak bisa mengobrol. Tanpa nama, tanpa kata. Komunikasi dengan pemain lain hanya bisa dilakukan oleh karakter yang dimainkan melalui bahasa tubuh.

Selain itu, berbeda dengan game lain yang di awal permainan harus melakukan kustomisasi karakter, Sky tidak seperti itu. Kamu harus bermain terlebih dahulu dengan karakter default, nantinya model rambut, warna jubah, dan aksesoris lainnya baru bisa diganti dalam perjalanan.

Sky: Children of the Light menghadirkan gameplay yang cukup sederhana, dimana pemain akan menjelajahi kerajaan langit dengan bantuan jubah untuk terbang. Sky juga menyajikan tujuh tempat yang bisa dikunjungi, masing-masing menawarkan visualisasi yang berbeda.

Misi utama dari Sky adalah mencari bintang jatuh dan mengembalikannya ke tempat semula, which is langit agar tetap bisa memencarkan sinarnya.

Sepanjang permainan, kamu akan menemukan banyak spirit atau roh yang menjadi kunci dalam game ini. Setiap roh yang dibangkitkan akan memberikan reward berupa kustomisasi karakter dan petunjuk lokasi bintang jatuh yang membuat jalan ceritanya jadi lebih menarik.

Kalau kamu mengharapkan game yang menantang seperti Genshin Impact, Sky sangat jauh dari itu. It’s all about eksplorasi, menjelajahi dunia yang sangat indah dan luas.

Bahkan Sky: Children of the Light tidak memiliki lifebar, hanya energi bar untuk jubah terbang saja. Selain itu, controller-nya juga hanya dua, satu untuk bergerak dan satu lagi untuk melompat atau terbang. Simple tapi mengagumkan.

Visualisasi dan Audio Mengagumkan

grafis sky
Sky: Children of the Light Visualisasi Terbaik

Bagi kamu yang sedang ragu dalam hal download Sky: Children of the Light atau tidak, kami sarankan buang jauh-jauh keraguan itu. Game ini sangat worth it, terkadang bisa jadi terapi saat pikiran sedang kusut. Kekurangannya mungkin ada pada pembelian item yang cukup mahal.

Sky menghadirkan visualisasi dan audio yang menenangkan. Tapi kita akan tetap dibuat penasaran untuk menyusuri dunia di atas langit yang dipenuhi rumput, awan, dan cahaya berkilauan.

Meskipun game ini didesain sangat minimalis, namun kamu akan menemukan sesuatu yang lebih indah tentang dunia dan cerita di dalamnya.

Saat masuk ke dalam permainan, kamu akan dihadapkan dengan pemandangan yang menyejukkan mata. Di samping itu, karakter yang ditampilkan terlihat lucu dengan tubuh mungil serta jubah yang menempel di pundaknya.

Jubah tersebut bisa digunakan untuk terbang, namun harus melalui beberapa tahapan. Awalnya si karakter hanya bisa berjalan, lalu terbang beberapa detik, dan kemudian setelah beberapa lama baru bisa terbang menyusuri langit, menembus awan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di Sky tidak ada musuh yang mesti dilawan. Tapi ada musuh dalam tanda kutip bernama Dark Crabs yang hidup di Hidden Forest. Makhluk ini bisa menghajar dan mengambil cahaya dari jubahmu.

Untuk menghadapinya kamu hanya perlu melakukan Deep Call dengan cara tekan dan tahan tombol sebelah kanan. Ini akan membuat Dark Crabs nge-stun selama beberapa detik. Selain di Hidden Forest, Dark Crabs juga ada di Wasteland, namun dengan jumlah yang lebih banyak.

Kalau ada pertanyaan game yang mirip dengan Sky: Children of the Light, mungkin bisa dibilang tidak ada. Yang paling mendekati Journey, game yang juga dikembangkan oleh thatgamecompany. Lalu, apa perbedaan dari keduanya dari segi gameplay maupun alur cerita?

Perbandingan Sky: Children of the Light dan Journey

gameplay sky children of the light
Perbandingan Sky: Children of the Light dan Journey

Journey rilis pada bulan Maret 2012, 8 tahun sebelum kehadiran Sky. Kamu tidak akan menemukan game ini di Google Play. Pasalnya Journey hanya tersedia di Play Station 4, Windows, dan yang terbaru iOS.

Secara tampilan tak ada yang berbeda dari keduanya, kamu akan memainkan karakter untuk menyusuri dunia terbuka yang sangat luas. Saking miripnya, kalau karakter Sky dimainkan di Journey, orang juga tidak akan sadar.

Berbeda dari karakter di Sky yang tidak punya nama, Journey memiliki karakter dengan nama Robed Stranger, makhluk berjubah yang entah dari mana asalnya. Karakter ini tidak bisa bersuara, ia hanya bisa berjalan, terbang, dan mengeluarkan sinyal. Yaps, sekali lagi mirip dengan Sky.

Kalau di Sky: Children of the Light tempat permainannya berada langit, Journey mengambil latar daratan dengan tempat-tempat kuno layaknya kota di Yunani.

Kesimpulannya, perbedaan Sky dan Journey dari segi gameplay hingga grafis hampir tidak ada. Mungkin dari alur cerita dan karakternya saja yang berbeda. Tapi yang jelas, kalau kamu ingin tahu game yang mirip Sky: Children of the Light, jawabannya ya Journey.

Kesimpulan

Sky: Children of the Light adalah mahakarya yang sangat menakjubkan dari thatgamecompany. Dari awal sampai akhir, game ini tak pernah berhenti membuat pemainnya berdecak kagum. Mulai dari alur cerita, gameplay, musik, hingga tampilan visual.

Selain itu, kamu akan merasakan pengalaman paling berkesan saat bermain dengan pemain lain dari seluruh dunia. Intinya, Sky: Children of the Light termasuk salah satu game mobile yang wajib kamu mainkan setidaknya sekali seumur hidup.

Namun, untuk bisa memainkan Sky, paling tidak kamu harus punya smartphone dengan spesifikasi besar yang bisa menampung game berukuran 970MB.

Leave a Comment