Spesifikasi Vivo Y17 Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Sejak beberapa bulan terakhir Vivo sedang gencar-gencarnya merilis smartphone terbaru kelas mid-end. Yaps, di akhir tahun 2019 lalu Vivo Y17 hadir di pasaran dengan spesifikasi yang cukup bersaing dengan kakaknya, Vivo Y17 Pro.

Saat ini harga Vivo Y17 sekitar Rp 2 jutaan, sedikit lebih murah dibanding Vivo Y17 Pro. Hadirnya smartphone ini menguntungkan masyarakat kelas menengah ke bawah yang ingin memiliki smartphone berkualitas namun dengan harga terjangkau.

Meskipun harganya lumayan murah, namun spesifikasi Vivo Y17 terbilang cukup bagus jika dibandingkan smartphone serupa di kelas yang sama. Yang paling menarik, smartphone ini dibekali RAM 4GB dengan memori internal 128GB.

Spesifikasi Vivo Y17

Sebenarnya Vivo Y17 bukan produk unggulan dari Vivo, hp ini bahkan tidak diperkenalkan dan dipromosikan ke publik. Seolah-olah Vivo Y17 dibuat hanya untuk memenuhi permintaan pasar akan smartphone murah kelas mid-end.

Detail Spesifikasi Vivo Y17
Layar 6.35 inci IPS LCD Capacitive Touchscreen
Resolusi Layar HD+ 720 x 1554 pixel 268ppi
Dimensi 159.43 x 76.77 x 8.92 mm
Berat 190.5 gram
Chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12 nm)
CPU Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
GPU PowerVR IMG GE8320
Sistem Operasi Android Android 9.0 Pie
Funtouch OS 9.0
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Memori Eksternal microSD up to 256 GB
Kartu SIM Nano SIM (Dual SIM, Dual Stan-by)
Jaringan GSM, WCDMA / HSPA, FDD-LTE
Speed HSPA : 4.22/5.7 Mbps
LTE : 300/50 Mbps
Kamera Belakang 13MP Main Camera
8MP Super Wide-Angle
2 MP Depth Camera

LED Flash, Panorama, HDR, Ai (Artificial Inteligence)
Kamera Depan 20 MP, f/2.0
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh
Fitur Fingerprint
Flash
GPS
Watermark
AI Face Beauty
Jack earphone 3,5mm audio jack
Varian Warna Mineral Blue, Pearl Pink, dan Mystic Purple
Tanggal Rilis Vivo Y17 28 April 2019
Spesifikasi Vivo Y17

Review Vivo Y17

Spesifikasi Vivo Y17 Kelebihan dan Kekurangan
Review Hp Vivo Y17

Setelah melihat spesifikasi Vivo Y17 diatas mungkin sebagian dari kamu ada yang merasa belum puas. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena saya akan review Vivo y17 secara lengkap untukmu, agar kamu bisa membandingkan dan memilih hp mana yang bagus dan pantas untuk di beli.

Desain Body dan Layar

Kalau dilihat sekilas Vivo Y17 terlihat mewah dan kekinian berbekal layar fullview dengan hanya menyisahkan notch untuk kamera depan. Sementara ukuran layarnya sebesar 6,3 inci dipadukan resolusi layar HD+ 720 x 1544 pixels.

Beralih ke bagian belakang, Vivo Y17 mengandalkan triple camera yang disusun secara vertikal dengan flashlight di bawahnya. Bila melihat bagian tengahnya, terpasang sensor fingerprint berbentuk kotak yang selaras dengan warna casing.

Dapur Pacu

Kalau di sektor dapur pacu, Vivo Y17 ditenagai chipset Mediatek Helio P35 dengan CPU Octa-core berkecepatan hingga 2,43GHz. Selain itu untuk menambah performanya, Vivo membekali produknya dengan PowerVR IMG GE8320 yang berfungsi untuk menambah kualitas grafis.

Di samping itu pada sistem operasi, Vivo Y17 mengandalkan Android 9.0 Pie plus UI FunTouch OS 9 yang memungkinkan pengguna melakukan aktivitas di smartphone dengan mudah.

Kamera Hp Vivo Y17

Fotografi menjadi fokus utama Vivo untuk produk smartphone-nya. Pada Vivo Y17 ini, kamu akan menikmat tiga kamera belakang dengan resolusi 13MP, 8MP, dan 2MP. Kamera utamanya dilengkapi teknologi AI yang membuat pengalaman fotografi jadi lebih menyenangkan.

Sementara kamera lensa 8MP dilengkapi dengan AI Super Wide dengan keunggulan mampu menghasilkan tangkapan gambar yang luas meskipun diambil dari jarak dekat. Sedangkan kamera 2MP dibekali efek bokeh yang sangat menarik.

Jika kamu hobi selfie, untuk kamera depannya sendiri sudah sangat bagus karena memiliki resolusi 20MP. Dengan adanya fitur AI Beauty akan membuat pengalaman selfie kamu menjadi lebih baik. Fitur Ai Beauty dapat membuat wajah kamu yang tadinya pucat menjadi lebih cantik menawan.

Baterai Jumbo

Spesifikasi Vivo Y17 pada sektor baterai dirasa cukup mumpuni untuk melakukan aktivitas bersosial media atau mobile gaming. Ya, Vivo Y17 mengandalkan baterai Li-Po tanam dengan kapasitas 5000 mAh yang dipadukan dengan fitur fast charging.

Ruang Penyimpanan

Beralih ke bagian media penyimpanan, Vivo Y17 dibekali RAM 4GB yang dipadukan dengan memori internal 128GB dan memori eksternal microSD hingga 256GB. Di sektor ini Vivo Y17 terbilang sangat tangguh untuk bermain game berat ataupun membuat video dengan durasi yang cukup lama.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y17

Nah, setelah mengetahui harga dan spesifikasi Vivo Y17, mungkin kamu juga ingin tahu apa saja kelebihan dan kekurangan Vivo Y17. Sehingga sebelum menjatuhkan pilihan, kamu sudah paham luar dan dalam smartphone pilihanmu.

Kelebihan Vivo Y17

Spesifikasi Vivo Y17 Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan Vivo Y17

1. Baterai Tahan Lama
Seperti yang sudah disampaikan pada kolom spesifikasi Vivo Y17 di atas, smartphone kelas menengah Vivo ini dibekali baterai 5000 mAh. Dengan kapasitas baterai yang sangat besar, Vivo Y17 mampu bertahan hingga satu setengah hari untuk pemakaian wajar.

2. Desain Keren dan Kekinian
Kelebihan Vivo Y17 yang cukup mampu membius konsumen adalah desainnya yang keren dan kekinian. Menghadirkan warna Mineral Blue dan Pearl Pink, Vivo Y17 terlihat sangat anggun dan elegan layaknya smartphone harga 4 jutaan.

Meskipun masih mengandalkan fingerprint di casing belakang, namun kami rasa itu tak terlalu berpengaruh dengan penampilannya.

3. Ngecas Cepat
Dengan kapasitas baterai yang sangat besar, untungnya Vivo Y17 dibekali fitur pengisian cepat dan teknologi Dual-Engine Fast Charging. Dengan fitur ini, kamu tak perlu menunggu lama saat pengisian daya. Selain itu, fitur ini juga mampu menjaga baterai agar tetap aman saat pengisian.

4. Media Penyimpanan Luas
Keunggulan Vivo Y17 yang juga mampu melirik generasi milenial adalah RAM-nya yang cukup besar dengan ukuran 4GB. Ditambah memori internal 128GB dan eksternal mencapai 256GB. Untuk harga Rp 2 jutaan, spesifikasi Vivo Y17 pada media penyimpanan sangat menggiurkan.

Kekurangan Vivo Y17

Spesifikasi Vivo Y17 Kelebihan dan Kekurangan
Kekurangan Vivo Y17

1. Chipset Kurang Mumpuni
Meskipun dibekali chipset MediaTek MT6765 Helio P35, namun untuk masalah performa Vivo Y17 bisa dibilang kurang baik. Pasalnya saat dilakukan pengujian, skor Antutu Vivo Y17 hanya sekitar 87 ribuan. Jika dibandingkan dengan smartphone Rp 2 jutaan yang lain, tentu ini sangat rendah.

Contohnya, jika dimainkan untuk PUBG Mobile atau Asphalt 8, Vivo Y17 sering macet-macet bahkan terkadang nge-freeze sendiri. Intinya, ukuran RAM yang cukup besar tak terlalu berpengaruh dengan performa, khususnya saat memainkan game berat.

2. Layar Belum Full HD
Kalau soal tampilan fisiknya, Vivo Y17 boleh dibilang cukup menawan. Namun kekurangan Y17 ada pada layarnya yang masih HD. Hal ini tentunya membuat konsumen berpikir ulang, pasalnya banyak merk lain menawarkan layar Full HD dengan harga yang sama.

Meskipun begitu, dengan layar HD ada keuntungan tersendiri, yakni baterai jadi awet dan tahan lama. Sehingga kami rasa kekurangan pada resolusi layar tak terlalu berpengaruh bagi sebagian orang, toh dengan layar HD tampilan visual sudah cukup baik.

3. Kurang Promosi
Kalau kita melihat di media sosial atau Google, sangat jarang yang mengulik tentang smartphone ini. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Vivo tidak melakukan launching pada Vivo Y17. Oleh karena itu, orang lebih tertarik membahas Vivo Y17 Pro yang dibekali spesifikasi kelas dewa.

Meskipun ada kekurangannya, namun spesifikasi Vivo Y17 cukup mampu bersaing dengan smartphone di kelas yang sama. Apalagi di bagian baterai, dengan harga Vivo Y17 sekitar Rp 2 jutaan, kapasitas baterai yang besar menjadi nilai lebih tersendiri.

Penutup

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Vivo Y17, yang jelas smartphone ini wajib kamu pertimbangkan jika ingin memiliki hp baru. Apalagi bagi kamu yang sedang menjajaki dunia per-Youtube-an, produk Vivo yang satu ini bisa jadi pilihan. Atau mungkin kamu tertarik untuk mengecek Hp Vivo Y12 disni, siapa tau bisa menjadi pertimbangan lain buatmu.

Leave a Comment