gatal gatal

Gatal gatal merupakan suatu masalah yang seringkali menyerang kulit, dimana kondisi ini selalu membuat badan merasa tidak nyaman. Tak sedikit orang yang merasa kesal ketika sudah mengalami gatal pada kulit. Sebab, kondisi ini bisa membuat seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Salah satu faktor penyebab munculnya gatal-gatal ini adalah gigitan nyamuk. Namun perlu juga anda ketahui bahwa gatal-gatal yang tak biasa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut :

Apa Saja Faktor Penyebab Gatal-gatal?

 

  1. Eksim

Salah satu fatkor penyebab gatal-gatal adalah eksim. Eksim sendiri adalah suatu gejala yang terjadi pada kulit seperti gatal, kering, kulit kemerahan, dan bersisik. Terjadinya eksim biasanya pada areaa leher dan lipatan lutut. Penyebab terjadinya eksim ini bisa terjadi karena berbagai hal seperti cuaca, makanan, dan bisa juga dari bahan pakaian yang dikenakan.

Cara mengobati eksim ini cukup mudah anda bisa melakukannya sendiri, dan penanganan dari dokter. Anda bisa belajar untuk menjaga kesehatan kulit seperti memperhatikan kandungan kosmetik yang akan anda gunakan, sebisa mungkin hindari pakaian yang bisa membuat kulit anda gatal, dan mengendalikan stres.

  1. Gatal karena gigitan serangga

Faktor penyebab gatal-gatal yang selanjutnya adalah gigitan serangga. Ketika anda di gigit serangga misalnya, seperti nyamuk. Secara alami kulit anda akan menunjukan reaksi perlawanan terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh anda.

Hal ini dapat menimbulkan reaski kulit kemerahan, rasa gatal, dan pembekakan atau benjol, yang di akibatkan oleh protein yang terdapat di dalam air liur nyamuk. Begitu juga dengan gigitan serangga lainnya pasti akan memiliki reaksi yang hampir sama.

Selain itu, terkadang gigitan serangga tertentu dapat mengakibatkan rasa gatal yang di ikuti rasa panas, melepuh atau terbakar. Pada umumnya gigitan serangga dapat membaik dengan sendirinya, akan tetapi jika dirasa sangat mengganggu anda, maka anda bisa mengompresnya dengan air hangat yang sudah di beri obat oles untuk meredakan rasa gatal tersebut.

  1. Kulit kering

Kulit kering juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab gatal-gatal. Terjadinya kulit kering biasanya ketika kulit paling luar kekurangan cairan dan minyak alami. Kondisi kulit seperti ini biasanya muncul di bagian tubuh manapun, akan tetapi sering terjadi di bagian tangan, lengan, dan kaki.

Ketika kulit kering, sering kali membuat kita merasa tidak nyaman seperti kulit terasa gatal, dan ketika terus-menerus digaruk maka akan muncul ruam kemerahan hingga membuat luka pada kulit anda.

Cara mengatasi hal seperti ini cukup mudah, anda tinggal menggunakan pelembab secara rutin setelah mandi, menggunakan kompres air dingin, mencuci muka dan mencuci tangan, memilih produk sabun mandi dan kosmetik yang tepat.

  1. Panu

Faktor penyebab gatal-gatal yang terakhir adalah panu. Panu sendiri adalah penyakit yang terjadi pada kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Seseorang bisa mengalami panu karena di akibatkan oleh sistem kekebalan tubuh yang melemah, kekurangan nutrisi, dan perubahab hormon.

Selain itu, anggota keluarga yang memiliki panu juga dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami panu, keringat berlebihan, dan kulit berminyak.

 

Pada umumnya panu mengakibatkan timbul bercak putih di kulit, gejala lainnya bisa muncul seperti kulit menjadi bersisik, kering dan gatal. Biasanya area yang sering terjangkit panu yaitu area seperti dada, leher, punggung, lengan atas atau bawah.

 

Demikian artikel tentang faktor penyebab gatal-gatal yang perlu diwasapadai ini dibuat, semoga bermanfaat.

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.