Content Writer

Di balik sebuah artikel yang tersebar di sejumlah media, tentu tidak terlepas dari peran para orang kreatif yaitu content writer atau penulis konten. Pada era digitalisasi seperti sekarang, kita lebih mudah mencari informasi secara online dari berbagai platform.

Pada dasarnya, penulis konten bukan hanya memiliki tugas menulis saja, tetapi ia juga harus memastikan agar tulisan yang sudah dibuat berhubungan dan selaras dengan profil website perusahaan.

Mayoritas penulis konten biasanya sudah terlatih dan pandai menulis konten sehingga bisa menarik minat pembaca. Selain menulis, penulis konten juga harus mengerjakan berbagai topik yang sesuai dengan target traffic.

Tugas Seorang Content Writer

Layaknya profesi yang lain, penulis konten memiliki sejumlah tugas yang harus dipenuhi. Tugas penulis sudah tentu tidak terlepas dari penulisan konten baik konten informatif maupun konten marketing. Berikut sejumlah tugas penulis konten, antara lain:

1. Melakukan Riset

Riset menjadi hal yang harus dilakukan oleh content writer. Sebelum menulis artikel, penulis harus melakukan sejumlah riset mendalam mengenai topik yang akan ia tulis. Riset memiliki tujuan menghindari konten plagiasi dan informasi kurang akurat.

Penulis kontem harus mencari referensi yang berasal dari sudut pandang lain, sehingga konten yang dihasilkan tetap netral. Bila dilihat lebih spesifik, riset juga memiliki peran untuk mengetahui trend terbaru yang dapat menjadi sumber konten.

2. Menulis, Mengelola serta Mendistribusikan Tulisan

Bukan hanya menulis, penulis konten juga mempunyai tugas mengelola serta mengatur waktu untuk penayangan konten. Untuk penulis yang menulis di website, ia juga memiliki tugas untuk menerbitkan serta mengatur tanggal penayangan.

Penulis konten juga harus memastikan bila kualitas konten telah sesuai dengan standar SEO. Beda dengan content writer untuk media sosial yang telah memiliki jadwal berkaitan dengan waktu posting.

3. Memahami SEO dengan Baik

SEO sebenarnya merupakan hal mendasar yang harus dipahami oleh penulis konten. Hal tersebut disebabkan karena SEO diperlukan ketika akan menulis untuk kebutuhan website.

Oleh sebab itu sebelum terjun dalam dunia penulisan, penulis wajib memahami dasar-dasar dari penulisan SEO.

4. Melakukan Editing Konten

Beberapa perusahaan memang menyediakan editor, tetapi kebanyakan content writer yang bekerja di agency dan start-up juga dituntut menyunting tulisan secara mandiri. Oleh sebab itu memiliki kemampuan editorial yang baik menjadi tugas penulis konten.

Sebelum menayangkan konten, penulis harus melakukan pengeditan sehingga tidak ada kesulitan penulisan pada konten. Untuk junior writer, umumnya harus memberikan konten tersebut pada senior writer untuk melakukan pengeditan.

5. Mengelola Konten Media Sosial

Sebenarnya tugas mengelola konten media sosial ini merupakan tanggung jawab yang dimiliki sosial media specialist. Tetapi, terdapat beberapa perusahaan yang memberi tugas ini pada content writer.

Oleh sebab itu penulis harus dapat mengelola konten media sosial sehingga dapat mengolah data dengan spesifik dan sesuai dengan topik pembahasan.

Peran Penulis Konten Dalam Digital Marketing

Lantas, sebenarnya apakah peran penulis konten di dalam dunia digital marketing? Content writer tentu erat kaitannya dengan aspek digital marketing, karena apa saja hal yang ditulis di website, blog maupun media sosial akan mempengaruhi kualitas keberadaan perusahaan secara digital.

Dengan menggunakan penulis konten yang profesional, sejumlah keuntungan bisa Anda dapatkan, contohnya seperti:

1. Lebih Menghemat Dana

Ketika mengandalkan penulis konten untuk digital marketing, Anda dapat menghemat dana cukup besar. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan pemasaran sesuai dana yang dimiliki. Hal ini disebabkan karena kebanyakan penulis konten sudah mempunyai paket harga yang ekonomis sehingga bisa disesuaikan dengan dana marketing.

2. Tidak Terbatas Tempat dan Waktu

Penulis konten bisa bekerja dari mana saja serta kapan saja, tidak terbatas waktu dan tempat tertentu. Selagi terdapat koneksi internet, Anda dapat bekerjasama dengan penulis konten. Tetapi, pastikan kembali jika sudah memilih content writer terpercaya.

3. Konten Menjadi Lebih Tertarget

Untuk kebutuhan pemasaran, konten harus sesuai dengan target promosi. Bila berhasil memilih penulis konten yang terpercaya, konten yang Anda miliki menjadi lebih tertarget sesuai dengan target pelanggan yang ingin dituju.

Memiliki peran yang sangat vital dalam dunia digital marketing, membuat Anda harus berhati-hati dalam memilih penulis konten. Pastikan memilih penulis konten yang profesional serta memiliki pengalaman di bidang digital marketing.

Bila bingung melakukan pemilihan content writer yang tepat, Indonesian Writer dapat dijadikan sebagai pilihan. Tidak perlu menunggu waktu lama untuk meledakkan pengunjung website Anda.

Kami dengan senang hati akan membantu menyediakan konten artikel yang berkualitas, sesuai target bisnis, bebas plagiasi dan berstandar SEO. Kami memiliki tim yang kompeten dalam menghasilkan tulisan-tulisan yang menarik. Jadi, tunggu apalagi? Diskusikan konten Anda bersama kami di nomor 0813-7930-9908.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.